Tumbuh Pesat, Uber Indonesia Pindah Kantor

Kompas.com - 15/12/2015, 08:50 WIB
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Uber beroperasi di Indonesia sejak Agustus 2014 silam. Artinya, baru setahun lebih layanan ride-sharing itu menggarap pasar tanah air.

Pun begitu, Uber mengklaim telah mengalami pertumbuhan signifikan. "30 kali lipat dari tahun lalu," kata Head of Communication Uber Southeast Asia Karun Arya, Senin (14/12/2015) di Kantor baru Uber, Plaza UOB lantai 34, Jakarta.

Sebelumnya, Uber menempati kantor perwakilan -bukan kantor perseroan- yang berlokasi di Pacific Place, lantai 15.

Angka pertumbuhan "30 kali lipat" merujuk pada jumlah unduhan aplikasi Uber. Walau, tak diungkap secara signifikan angka pengguna aktifnya.

Yang jelas, saat ini ada lebih dari 12 ribu pengemudi yang bermitra dengan Uber. Angka itu tersebar di tiga wilayah operasi Uber di Indonesia, yakni Jakarta, Bandung dan Bali.

Selanjutnya, Uber punya target ambisius menghadapi 2017. "Kami ingin membuka kesempatan kerja untuk 100 ribu orang di Indonesia per 2017 nanti," kata Karun.

Untuk mencapai hal itu, Uber mencanangkan sejumlah program, termasuk meningkatkan keamanan dan legalitas layanan di tanah air.

Hingga kini, Uber sendiri masih beroperasi secara ilegal  di Ibu Kota karena belum memenuhi empat syarat yang diajukan oleh pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Keempat syarat itu adalah: memiliki eksistensi legal dalam bentuk Penanaman Modal Asing (PMA), membayar pajak sesuai ketentuan, memiliki asuransi yang memadai, serta memastikan bahwa kendaraan rental yang menjadi mitra menjalani pengujian kendaraan bermotor atau KIR.

Karun mengatakan saat ini pihaknya tengah berupaya memenuhi persyaratan di atas agar bisa menggelar usaha secara resmi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.