Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seno Haryo, "Menghidupkan" Mainan Lewat Toy Photography

Kompas.com - 16/12/2015, 08:48 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berawal dari hobi mengoleksi action figure, Seno Haryo mampu menelurkan karya fotografi mainan (toy photography) yang sudah diakui keapikannya.

Lulusan Teknik Industri Universitas Trisakti tersebut berhasil menyabet rekor MURI sebagai pemerkasa pameran toy photography pertama di Indonesia pada 2011 silam.

Hingga kini ia pun kerap menggelar pameran tematik berskala nasional dan internasional. Beberapa tema diangkat dari film-film kesukaannya.

Salah satunya "Star Wars". Karya legendaris George Lucas itu diakui Seno sebagai motivasi awal mengoleksi action figure sejak pertengahan 1980-an.

"Waktu itu, saya masih duduk di bangku SD," ujar Seno pada KompasTekno beberapa saat lalu, mengenang awal perjumpaannya dengan tokoh-tokoh di film perang bintang.

Seno Haryo Portofolio toy photography Seno Haryo
Anakin dan Obi-Wan

Kurang lebih satu dekade mengoleksi action figure, baru pada 2011 Seno mulai menggeluti toy photography

Ide itu muncul setelah Seno membeli dua action figure karakter "Star Wars" berskala 1:6, yakni Anakin Skywalker dan Obi-Wan Kenobi, pada sebuah pameran mainan di Jakarta.

Kala itu, ia melihat dua action figure barunya berbeda dari yang selama ini ia kumpulkan. Menurut dia, dua action figure itu tampak sangat detil dan nyata.

"Muka, outfit, dan aksesori menyerupai aktor aslinya. Selain itu, yang terpenting memiliki artikulasi mendetil. Sehingga bisa berpose macam-macam layaknya manusia," ia menjelaskan.

Ia pun tertarik menghidupkan mainannya menjadi objek yang lebih nyata lewat karya foto. Tak dinyana, karya-karya foto mainannya yang tampak real seolah dalam adegan hidup diminati banyak orang. Dari situ, ide-ide lain membanjiri kepala Seno.

Seno Haryo Portofolio toy photography Seno Haryo
Jadi ide "pre-wed"

November 2015 lalu, Seno hendak menikahi wanita pujaannya, Yuke. Seperti pasangan lainnya, Seno dan Yuke ingin mengabadikan foto-foto pre-wedding yang berkesan.

Kreativitas Seno kembali mencuat. Menggandeng beberapa perusahaan mainan (Hot Toys, Sideshow Colectibles, 3R) dan seniman mainan lainnya, Seno membuat rangkaian foto pre-wedding dengan mekanisme toy photography.

Ia dan Yuke dibuat dalam versi action figure bersama dengan karakter-karakter film kesukaan mereka. Tak ingin setengah-setengah, tim yang Seno ajak berkolaborasi pun tak sedikit.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com