Akhir Tahun, Trafik Data Telkomsel Bisa Tembus 2.000 Terabyte

Kompas.com - 17/12/2015, 10:11 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel memprediksi layanan data, suara, dan teks (SMS) akan meningkat signifikan menjelang momen Natal 2015 dan Tahun Baru 2016.

Traffic (lalu-lintas) data di jaringan Telkomsel sendiri diprediksi akan mencapai 2.000 Terabyte, atau naik sebesar 22,6 persen dibandingkan trafik di hari biasa.

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan, “Periode akhir tahun merupakaan periode dimana kebutuhan komunikasi pelanggan meningkat, khususnya dalam layanan data."

"Fokus kami ialah memberikan layanan dengan kualitas yang prima," ujar Ririek dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (16/12/2015).

Sementara untuk layanan suara, Telkomsel memprediksi jumlah panggilan akan meningkat menjadi 1,64 milyar menit, atau naik 6,4 persen dibandingkan hari biasa.

Sedangkan trafik SMS diperkirakan menjadi 1,04 milyar SMS atau naik 18,8 persen dibandingkan dengan trafik normal hari biasa.
 
Untuk mengantisipasi lonjakan traffic data, suara, dan SMS tersebut, Telkomsel mengklaim telah melakukan optimalisasi jaringan, khususnya untuk kebutuhan data.

Kapasitas Internet Service Telkomsel ditingkatkan menjadi 370,2 GBPS atau naik sekitar 60 persen dari tahun 2014.

Telkomsel juga mengerahkan 93 Compact Mobile BTS (COMBAT) untuk  menjamin kualitas jaringan selama masa Natal dan Tahun Baru tetap prima.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.