Soal Diskon Palsu, Lazada Mengaku Kecolongan

Kompas.com - 17/12/2015, 14:05 WIB
Sebuah popok disebut memiliki harga asli Rp 130 juta lebih, lalu mendapat diskon ScreenshotSebuah popok disebut memiliki harga asli Rp 130 juta lebih, lalu mendapat diskon "Harbolnas" hampir 100 persen.
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Situs belanja online Lazada mengaku kecolongan meloloskan para penjual nakal di situsnya selama event Hari Belanja Nasional (Harbolnas) yang berlangsung 10-12 Desember 2015 lalu, terkait diskon fiktif.

Ke depannya, Lazada mengatakan akan lebih selektif lagi dalam menyeleksi seller.

"Kita akui kita kecolongan pas kejadian kemarin, banyak seller yang nakal (menaikkan harga berkali lipat sebelum didiskon)," ujar SVP Strategic Marketing Partnership Lazada Indonesia, Indra Yonathan saat dijumpai KompasTekno di Jakarta, Kamis (17/12/2015).

"Tahun depan di event Harbolnas kita akan lebih selektif lagi menyaring seller di platform kami," demikian imbuh pria yang kerap disapa Jo itu.

Menurut Jo, pihak-pihak e-commerce yang turut serta dalam ajang Harbolnas juga memiliki kewajiban untuk memberikan edukasi terhadap para seller yang berjulanan melalui layanannya

"Banyak seller online yang baru berjualan untuk pertama kalinya, kami juga perlu edukasi mereka," kata Jo yang sekaligus bertindak sebagai ketua panitia Harbolnas 2015 itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, di event Harbolnas 2015 kali ini ditemukan banyak penawaran diskon palsu di situs-situs belanja seperti Lazada, Matahari Mall, Bukalapak, dan sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seller menaikkan harga dasar berkali-kali lipat kemudian memberi diskon besar-besaran hingga 90 persen, sehingga harga jualnya sama saja, atau bahkan lebih mahal dari harga normal.

CEO Lazada, Magnus Ekbom telah meminta maaf atas perilaku para seller nakal di Lazada tersebut. Pun demikian dengan pihak Bukalapak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.