Kompas.com - 17/12/2015, 15:46 WIB
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Android 6.1, yang merupakan kelanjutan dari seri Marshmallow (Android 6.0), diprediksi bakal meluncur pada Juni 2016 mendatang. Salah satu fitur andalannya adalah menambahkan kemampuan split screen pada gadget.

Split screen adalah fitur untuk "membelah" atau membagi tampilan layar sehingga menampilkan lebih dari satu aplikasi. Pengguna pun bisa melakukan multitasking dengan mudah.

Kemampuan yang mirip dengan split screen sebenarnya sudah lama diterapkan melalui custom launcher oleh sejumlah gadget Android, misalnya ponsel dan tablet seri Galaxy dari Samsung. Namun fitur yang satu ini belum didukung secara default oleh OS Android.

Prediksi waktu kemunculan Android 6.1 bertepatan dengan ajang Google I/O yang memang diselenggarakan setiap tahun.

Namun belum jelas apa panggulan yang akan digunakan buat sang sistem operasi baru, apakah tetap Marshmallow atau berlanjut ke nama baru berawalan huruf "N".

Seperti dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (17/12/2015), rumor mengenai adanya fitur split screen diketahui dari tim Pixel C yang hadir di acara Ask Me Anything (AMA) gelaran forum online Reddit.

Saat itu, Director for Consumer Hardware Google, Andrew Owers menyebutkan bahwa pihaknya sedang mengerjakan Android N, tepatnya mengembangkan fitur split screen.

Kendati demikian ada sejumlah rumor lain yang bertentangan dan berasumsi bahwa Android 6.1 akan tetap mencatut nama Marshmallow.

Seperti diketahui, sepanjang riwayat Android, Google selalu mengubah nama sistem operasi tersebut jika terjadi perubahan besar dalam hal tampilan atau user interface.

Misalnya Android 2.0 dengan search bar statis, tema Holo dan font Roboto pada Android 4.0, Material Design milik Android 5.0, serta Google Now on Tap pada Android 6.0

Apakah sematan fitur split screen tersebut cukup berpengaruh mengubah nama Android Marshmallow? Tampaknya pengguna mesti harus bersabar untuk mendapatkan jawabannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.