Jobplanet Ungkap Informasi Gaji Perusahaan di Indonesia

Kompas.com - 17/12/2015, 19:43 WIB
Kemas Antonius, Chief Product Officer (kiri) dan Kinam Kim, Regional Director Jobplanet. Reska Koko Nistanto/ KOMPAS.comKemas Antonius, Chief Product Officer (kiri) dan Kinam Kim, Regional Director Jobplanet.
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Jobplanet, sebuah platform crowdsourcing (urun daya) asal Korea yang berisi informasi seputar pekerjaan, resmi hadir di Indonesia. Pengenalan platform tersebut dilakukan pada Kamis (17/12/2015) di Jakarta.

Berbeda dengan situs-situs pencari lowongan pekerjaan seperti Jobstreet atau JobsDB, Jobplanet lebih menjadi situs penyedia informasi seputar pekerjaan.

Di dalamnya terdapat konten berisi ulasan (review), informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan wawancara kerja suatu perusahaan.

Kinam Kim, Regional Director Jobplanet mengatakan, selama ini informasi tentang bagaimana pekerjaan di suatu perusahaan itu belum banyak.

"Kami berusaha untuk menyediakan informasi-informasi tersebut sehingga pencari kerja bisa tahu informasi-informasi sensitif seperti kultur perusahaan, gaji, dan sebagainya," demikian kata Kinam dalam acara jumpa media.

Sementara Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet, mengatakan bahwa selama ini banyak perusahaan yang tidak memiliki informasi atau website yang komprehensif, sehingga banyak calon pelamar yang buta tentang informasi perusahaan yang diidam-idamkan.

Informasi-informasi yang ditampilkan Jobplanet diklaim Kemas memiliki tingkat akurasi hingga 99 persen.

"Dalam sehari kami bisa mendapatkan sekitar 2.000-an review yang nanti akan disaring oleh tim kami sehingga menjamin akurasi,”  demikian kata Kemas.

Jobplanet pertama kali hadir di Indonesia pada Agustus 2015 lalu. Hingga kini Jobplanet telah memiliki database dari 20.000 perusahaan dengan 80.000 ulasan. Jumlah anggotanya diklaim mencapai 200.000 orang.

Jobplanet sendiri pada Januari 2015 lalu mendapatkan investasi dari Qualcomm Ventures, Altos Ventures, dan Born Angels sebesar 8,3 juta US Dollar.

Pada tahun lalu Jobplanet juga telah mendapatkan pendanaan sebesar 2 juta US Dollar dari investor Born Angels dan The Ventures, sehingga total investasi yang didapat hingga kini mencapai 10,3 juta US Dollar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X