Kompas.com - 17/12/2015, 20:36 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Pengguna aktif harian Facebook mencapai 1 miliar per November 2015 lalu. Sementara itu, pengguna aktif bulanan Twitter "hanya" mencapai 307 juta pada kuartal ketiga 2015.

Artinya, penetrasi Facebook jauh lebih tinggi dari layanan berlogo burung biru. Namun, jumlah pengguna ternyata tak berbanding lurus dengan pengaruh yang ditimbulkan.

Setidaknya, hal itu yang diyakini pakar software Scot Hacker dan Digital Deputy Editor New York Times Ashwin Seshagiri dalam sebuah kolom bertajuk "Twitter For Journalists".

Menurut Hacker dan Seshagiri, Twitter lebih mumpuni kala dimanfaatkan untuk menggaungkan isu atau membuat sesuatu menjadi viral di internet.

Hal itu tak lepas dari karakter Twitter yang bertumpu pada "interest graph". Maksudnya, hubungan antar pengguna Twitter terjalin berdasarkan kesamaan hobi atau ketertarikan.

"Pengguna Twitter mengikuti akun-akun yang menyediakan informasi berharga sesuai hobi dan ketertarikan mereka. Terlepas mereka pernah bertemu atau tidak," begitu tertera pada kolom yang terpublikasi di situs resmi Advanced Media Institution University of Berkeley, AS, dan dihimpun KompasTekno, Kamis (17/12/2015).

Sementara itu, Facebook lebih menitikberatkan "social graph". Maksudnya, hubungan yang terjalin di antara pengguna Facebook berbasis hubungan kekerabatan.

Karena "selebtwit"

Di Twitter, ada istilah "selebtwit" atau kepanjangannya "selebriti Twitter". Mereka tersebar ke berbagai sektor minat. Ada yang fokus pada isu politik, teknologi, fesyen, hingga kegalauan remaja.

Disebut "selebtwit" karena akun mereka diikuti ribuan hingga jutaan followers yang menganggap mereka kredibel dan ahli dalam satu topik tertentu. Seringkali, isu yang dikicaukan para selebtwit cepat jadi viral.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.