Kompas.com - 20/12/2015, 09:25 WIB
Penulis Deliusno
|

KOMPAS.com - Aplikasi peta digital Waze kedatangan fitur baru. Kini, aplikasi milik Google ini dipersenjatai dengan voice prompt (navigasi suara) dalam bahasa Indonesia.

Inisiatif ini, menurut klaim Waze, menjadikan aplikasi tersebut sebagai pemilik navigasi suara yang pertama kali menyediakan Bahasa Indonesia dalam layanannya.

Dengan hadirnya fitur tersebut, diharapkan komunitas pengguna Waze di Indonesia akan semakin meningkat.

"Hal ini sudah ditunggu-tunggu selama beberapa waktu dan akan secara signifikan memperbesar komunitas kami," tutur Christian Iskandar, Waze Global Champ asal Indonesia, sebagaimana KompasTekno kutip dari keterangan pers, Minggu (20/12/2015).

"Indonesia bukanlah negara berbahasa Inggris karena itu navigasi suara dalam Bahasa Indonesia akan sangat membantu," lanjutnya.

Navigasi suara berbahasa Indonesia ini sendiri diisi oleh Alva, seorang dosen asal Bandung, dan Septi, pembawa berita dari Semarang.

Dua pengisi suara ini dipilih berdasarkan pencarian nasional oleh komunitas Waze di Indonesia.

"Kami yakin, navigasi suara yang baru ini akan diterima dengan positif oleh komunitas di Indonesia," ujar Julie Mossler, juru bicara untuk Waze.

Untuk bisa menikmati fitur baru ini, pengguna Waze diharuskan untuk memperbarui aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut sudah tersedia di Google Play Store dan Apple App Store.

Cara mengaktifkan fitur navigasi bahasa Indonesia ini sangat mudah. Cukup ke bagian Setting, kemudian pilih Sound, dan ganti Navigation guidance menjadi Bahasa Indonesia.

Navigasi suara dalam Bahasa Indonesia merupakan satu dari lima navigasi suara yang baru-baru ini diperkenalkan di seluruh dunia. Di antaranya Bahasa Polandia, Latvia, dan Serbia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.