Telkomsel Perluas 4G LTE di Jakarta dan Sekitarnya

Kompas.com - 21/12/2015, 12:32 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Telkomsel resmi menggelar 4G LTE secara komersial di Jakarta pada Desember 2014 lalu. Kini, setelah penataan ulang frekuensi 1.800 MHz, operator seluler ini kembali memperluas layanan tersebut di sekitar kota Jakarta yang meliputi Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Kenaikan penggunaan layanan data sebesar 100 persen di Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dalam kurun waktu satu tahun terakhir," ujar Lindayanti Harjono, Vice President LTE Commercial Telkomsel, dalam rilis pers yang KompasTekno terima, Minggu (20/12/2015).

Lebih lanjut, Linda menjelaskan bahwa setelah penataan ulang, Telkomsel melakukan upgrade lebar bandwidth di frekuensi 1.800 MHz. Oleh karena itu, cakupan wilayah 4G LTE semakin luas.

Lebih dari 80 persen kawasan Jabodetabek telah dilayani oleh Telkomsel 4G LTE yang didukung oleh lebih dari 1500 BTS 4G yang mencakup lokasi-lokasi POI strategis seperti kawasan residensial, lokasi wisata, kampus, pusat perbelanjaan, area pelayanan publik, dan lain-lain.

“Ketika menggelar layanan 4G LTE kami selalu memastikan ketersediaan jaringan yang tersebar mampu mencakup mayoritas wilayah kota tersebut atau sekitar minimal 80 persen, karena kami ingin memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan. Tahun depan kami akan memperluas layanan ini ke paling tidak dua kali lipat jumlah kota yang kami gelar tahun ini”, tambah Linda.

Bagi pelanggan lama Telkomsel yang ingin berlangganan 4G LTE, operator plat merah itu menyediakan penukaran kartu USIM secara gratis di pusat layanan pelanggan Telkomsel (GraPARI) tanpa harus mengubah nomor saat ini.

Kemudian pelanggan yang saat ini telah memiliki paket data Telkomsel, dapat melanjutkan penggunaan paket tersebut dengan tarif yang sama tanpa tambahan biaya.

Secara nasional Telkomsel memiliki 3.000 eNodeB atau BTS 4G yang tersebar di berbagai kota. 

Lokasi-lokasi POI di Jabodetabek:

Jakarta: Tomang, Grogol, Palmerah Barat, Mangga Besar, Salemba, Menteng, Kalibata, Mampang Prapatan, Pancoran, Kebayoran, Sudirman, Cipete, Gandaria, TB Simatupang, Dewi Sartika, Pondok Indah, SCBD, Pasar Minggu, Pulomas, Jatinegara, Mangga Dua, Kelapa Gading, dan Sunter.
 
Bogor: Puncak, Cimanggis, Cisarua, Cileungsi, Taman Wisata, Jasmine Garden, Bojong Depok Baru, Rancamaya, Bogor City Central, dan Menteng Bogor.
 
Depok: Pondok Cina Depok, Permata Depok, Cinere Country, Margo City, Andara, Taman Duta, Krukut Raya, Depok Indah, dan Kampus Universitas Indonesia Depok.

Tangerang: Pamulang, Serpong indah, Bintaro Jaya, Pondok Kranji, Ciledug Raya, Bandara Soekarno Hatta, Ciputat Baru, Lippo Karawaci, Alam Sutera, dan Rempoa.
 
Bekasi: Taman Galaxy, Pondok Cipta, Jati Waringin, Cikarang, Bintara Raya, Jati Warna, Pekayon, Harapan Indah, DeltaMas, Duta Indah, Jati Bening, Cikunir, Harapan Jaya, dan Duta Kranji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.