Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Tetap Menjadi Aplikasi Terpopuler 2015

Kompas.com - 21/12/2015, 14:01 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber nielsen
KOMPAS.com — Lembaga riset Nielsen merilis daftar aplikasi terpopuler di Amerika Serikat (AS). Seperti tahun sebelumnya, Facebook menjadi aplikasi terbanyak yang dipasang oleh pengguna smartphone di AS.

Di negeri Paman Sam itu, Facebook dipakai oleh lebih kurang 126,7 juta pengguna aktif tiap bulannya.

Facebook mengklaim bahwa mereka saat ini memiliki sekitar 1,39 miliar pengguna mobile di seluruh dunia, naik 23 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Peringkat kedua ditempati oleh YouTube dengan jumlah rata-rata mencapai 97,6 juta pengguna unik.

Aplikasi pesan instan Facebook Messenger yang berada di posisi ketiga menjadi aplikasi yang memiliki pertumbuhan paling tinggi, 31 persen secara year-on-year.

Ini disebabkan karena Facebook "memaksa" pengguna Facebook untuk menginstal Messenger di smartphone mereka.

Aplikasi lain yang mencatat jumlah pertumbuhan tinggi adalah Apple Music. Menurut Nielsen, pengguna aplikasi layanan musik dari Apple itu meningkat 26 persen dibanding tahun sebelumnya, walau aplikasi ini baru diluncurkan pada bulan Juni lalu.

Dari segi sistem operasi, sistem operasi Android masih merajai di Amerika Serikat pada kuartal III tahun 2015 dengan torehan pangsa pasar 52,6 persen. Apple berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 42,7 persen.

Menyusul kemudian, Microsoft (Windows Mobile) sebesar 2,8 persen, OS lain (Tizen dan lain-lain) 1,2 persen, dan BlackBerry 0,7 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber nielsen

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com