Kompas.com - 21/12/2015, 14:01 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Lembaga riset Nielsen merilis daftar aplikasi terpopuler di Amerika Serikat (AS). Seperti tahun sebelumnya, Facebook menjadi aplikasi terbanyak yang dipasang oleh pengguna smartphone di AS.

Di negeri Paman Sam itu, Facebook dipakai oleh lebih kurang 126,7 juta pengguna aktif tiap bulannya.

Facebook mengklaim bahwa mereka saat ini memiliki sekitar 1,39 miliar pengguna mobile di seluruh dunia, naik 23 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Peringkat kedua ditempati oleh YouTube dengan jumlah rata-rata mencapai 97,6 juta pengguna unik.

Aplikasi pesan instan Facebook Messenger yang berada di posisi ketiga menjadi aplikasi yang memiliki pertumbuhan paling tinggi, 31 persen secara year-on-year.

Ini disebabkan karena Facebook "memaksa" pengguna Facebook untuk menginstal Messenger di smartphone mereka.

Aplikasi lain yang mencatat jumlah pertumbuhan tinggi adalah Apple Music. Menurut Nielsen, pengguna aplikasi layanan musik dari Apple itu meningkat 26 persen dibanding tahun sebelumnya, walau aplikasi ini baru diluncurkan pada bulan Juni lalu.

Dari segi sistem operasi, sistem operasi Android masih merajai di Amerika Serikat pada kuartal III tahun 2015 dengan torehan pangsa pasar 52,6 persen. Apple berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 42,7 persen.

Menyusul kemudian, Microsoft (Windows Mobile) sebesar 2,8 persen, OS lain (Tizen dan lain-lain) 1,2 persen, dan BlackBerry 0,7 persen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber nielsen

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.