800 Karyawan Apple Keroyokan Garap Kamera iPhone

Kompas.com - 22/12/2015, 12:31 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Pantas saja jika Apple sesumbar kamera di iPhone-nya lebih baik. Sebab, dalam sebuah wawancara terbaru, Apple mengakui mengerahkan sedikitnya 800 karyawan untuk menggarap fitur kamera di perangkat iPhone-nya.

Menurut The Verge, dan dikutip KompasTekno, Selasa (22/12/2015), tim tersebut terdiri atas engineer dan para ahli spesialis kamera yang dipimpin oleh Graham Townsend.

Diakatakan oleh Townsend, setidaknya ada 200 komponen yang dipasang di dalam modul kamera Apple iPhone.

Apple pun memiliki ruangan khusus untuk menguji kameranya di berbagai kondisi cahaya. Ruangan tersebut bisa diatur memiliki cuaca seperti saat matahari terbit/terbenam, atau saat kondisi cahaya minim seperti di dalam ruangan yang gelap.

"Kami bisa membuat semua simulasinya di sini," ujar Townsend.

Tentu saja, kompetitor Apple juga pasti melakukan hal yang sama untuk menguji kualitas kameranya. Namun jika melihat jumlah pekerja yang menggarap kamera iPhone, nampaknya mereka tidak main-main dengan fitur penangkap gambar itu.

Kanibalisasi produk adalah hal biasa

Di samping itu, karena setiap produk Apple didesain memiliki keunggulan tersendiri, maka terkadang terjadi kanibalisasi antar produk Apple itu sendiri.

Hal itu dijelaskan oleh Chief Marketing Apple, Phil Schiller sebagai hal yang biasa.

"Tidak bahaya, semua karena desain, iPhone harus lebih baik sehingga Anda berpikir tidak membutuhkan iPad, iPad harus lebih baik sehingga membuat Anda berpikir tidak butuh notebook, semua harus bisa berkompetisi dengan yang lain," demikian kata Schiller.

Selama yang diperebutkan adalah produk dengan emblem Apple, nampaknya perusahaan tidak mau ambil pusing.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.