Masuk Indonesia, Android Zuk Z1 Pakai Sertifikat Palsu?

Kompas.com - 22/12/2015, 13:51 WIB
ZUK Z1 resmi masuk ke pasar Indonesia (Reska K Nistanto/Kompas.com)ZUK Z1 resmi masuk ke pasar Indonesia
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Ponsel Android Zuk Z1 yang dipasarkan di Indonesia diduga menggunakan sertifikasi "aspal" (asli tapi palsu) alias nomor sertifikat ponsel merek lain.

Dugaan tersebut terungkap dari kardus kemasan Zuk Z1 yang dijual pada awal Desember lalu.

Dalam kardus ritel Zuk Z1 tersebut, terpampang nomor sertifikat yang didapat dari Direktorat Jenderal Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), 36012/SDPPI/2014.

Seorang blogger asal Surabaya Herry SW pertama kali mengungkap hal tersebut. Ia menulis temuan ini dan turut memajang foto kardus Zuk Z1 dalam situs blog-nya.

Herry SW Nomor sertifikat Xiaomi yang tertera dalam kardus Zuk Z1.
Setalah ditelusuri lewat situs Ditjen SDPPI, nomor tersebut ternyata terdaftar atas nama PT Pelangi Mas yang mendaftarkan merek dan model ponsel MI - 2013029. MI - 2013029 sendiri merupakan kode untuk perangkat smartphone Android Xiaomi Redmi 1S.

Proses sertifikasi menjadi syarat wajib sebuah perangkat elektronik untuk dapat dipasarkan di Indonesia. Perangkat akan diuji oleh Dirjen Postel Kominfo apakah layak beredar di Indonesia.

Ditjen SDPPI Nomor sertifikat 36012 di situs Ditjen SDPPI dimiliki oleh Xiaomi.
"Dalam kasus ini, patutlah kita mempertanyakan mengapa sertifikat SDPPI milik Xiaomi Redmi 1S bisa digunakan untuk Zuk Z1," tulis blogger tersebut di blog pribadinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Zuk Z1 sendiri mulai dipasarkan di Indonesia pada awal Desember lalu melalui sebuah situs belanja online dengan harga Rp 4,5 juta mulai 7 Desember 2015.

Zuk adalah perusahaan startup ponsel asal China yang mendapatkan investasi dari Lenovo pada April 2015 lalu.

Zuk Z1 memilki fitur spesifikasi layar 5,5 inci dengan  prosesor Qualcomm Snapdragon 801, RAM 3 GB, penyimpanan internal 64 GB, konektor USB Type C, dan menjalankan OS Cyanogen 12.1.

Hingga berita ini dinaikkan, perwakilan Zuk belum membalas pertanyaan KompasTekno.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.