Kompas.com - 22/12/2015, 15:27 WIB
Overclocker asal Indonesia Alva Jonathan (tengah) menjadi juara kompetisi internasional Kingston HyperX OC Takeover Kingston Overclocker asal Indonesia Alva Jonathan (tengah) menjadi juara kompetisi internasional Kingston HyperX OC Takeover
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.comOverclocker asal Indonesia Alva Jonathan berhasil mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi overclocking tingkat dunia.

Dalam kejuaraan bertajuk Kingston HyperX OC Takeover (HOT) di Fountain Valley, California, AS, pemilik nickname Lucky_n00b ini berhasil duduk di posisi teratas.

Alva berhasil mengalahkan sembilan finalis lainnya yang berasal dari AS, Brasil, Argentina, Polandia, Italia, Afrika Selatan, dan juga peserta lain asal Indonesia.

Menariknya lagi, atas kemenangan ini, Alva menjadi orang Asia pertama yang berhasil memenangkan kompetisi Kingston HOT di AS.

Satu catatan menarik lainnya, Indonesia ternyata berhasil mendominasi peringkat atas kompetisi ini. Wakil Indonesia lainnya, Hazzan, berhasil meraih peringkat ketiga.

Overclock sendiri upaya meningkatkan performa sebuah sistem agar (jauh) lebih tinggi dibandingkan performa standar.  Caranya adalah dengan memaksa berbagai komponen seperti CPU, kartu grafis (GPU) dan RAM agar frekuensi kerjanya melebihi batas normal.

Tantangan terbesar dalam overclocking adalah mempertahankan stabilitas sistem yang dipaksa ngebut itu agar tidak crash dan bisa menyelesaikan software benchmark yang menjadi tolok ukur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berbagai cara dilakukan, mulai dari mengatur voltase hingga mengatur suhu dengan alat-alat ekstrim seperti penyembur api (torch) dan nitrogen cair dengan suhu ratusan derajat celcius di bawah titik nol.

Adapaun overclocker adalah sebutan bagi pelaku overclock.

Pertarungan sengit

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.