Microsoft Hilangkan "Hey Cortana" dari Android

Kompas.com - 23/12/2015, 14:08 WIB
Cortana Re/codeCortana
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com – Kehadiran awal asisten virtual Cortana di Android tidak berjalan mulus. Karena suatu masalah, Microsoft sampai harus menghapus sementara sebuah fitur andalan dari aplikasi tersebut.

Fitur yang dimaksud adalah “Hey Cortana”. Sekadar catatan, untuk mengaktifkan Cortana, pengguna sebenarnya bisa langsung mengucapkan kalimat tersebut. Fitur tersebut sama seperti “Ok Google” di aplikasi Google Now.

Nah, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Engadget, Rabu (23/12/2015), fitur “Hey Cortana” itu ternyata tidak compatible dengan sistem pengenalan suara Google.

Jika menggunakan fitur tersebut, ada beberapa fungsi perangkat yang bisa berhenti bekerja. Pengguna melaporkan fungsi microphone tiba-tiba tidak bisa digunakan. Panggilan suara juga tidak bisa dilakukan sampai pengguna me-restart ponsel pintar miliknya.

Oleh karena itu, Microsoft, sebagai pengembang Cortana, akhirnya memperbarui aplikasi tersebut. Dalam pembaruan tersebut, Microsoft menghilangkan untuk sementara fitur suara sampai solusinya ditemukan.

Pencabutan fitur itu sendiri baru terjadi di Amerika Serikat saja. Hingga saat ini, aplikasi Cortana untuk Android belum dirilis di Indonesia.

Fitur “Hey Cortana” dilaporkan masih bisa digunakan di luar negara AS.



Sumber ENGADGET
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X