Kompas.com - 23/12/2015, 15:08 WIB
Uji coba fitur VentureBeatUji coba fitur "sign in tanpa password"
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Google menguji coba kemampuan masuk (sign-in) ke akun-akun layanannya tanpa kata sandi (password). Pengguna cukup mengkonfirmasi akses lewat notifikasi smartphone.

Penemuan uji coba pertama kali diumbar pengguna Reddit rp1226  atau Rohit Paul. Ia mendapat undangan menjajal fitur prototipe tersebut pada akun Google personalnya.

Hal itu dibenarkan Google. "Kami mengundang beberapa pengguna untuk membantu uji coba kemampuan sign-in ke akun-akun Google tanpa permintaan password," kata juru bicara Google, sebagaimana dilaporkan VentureBeat dan dihimpun KompasTekno, Rabu (23/12/2015).

Menurut perwakilan Google, password tak lagi relevan menjamin keamanan privasi pengguna. "'pizza', 'password', '123456', dan susunan angka lainnya mudah tertebak," kata dia.

Perwakilan Google juga menjelaskan mekanisme kerja fitur "sign-in tanpa password". Pertama, pengguna harus mengotentikasi smartphone dengan akun Google.

Setelahnya, setiap membuka layanan Google (Gmail, Google Drive, YouTube, dkk), pengguna cukup memasukkan alamat e-mail. Pengguna lalu mendapat notifikasi khusus pada smartphone. Selanjutnya terserah pengguna, mengizinkan akses masuk atau tidak.

Fitur "sign-in dari ponsel" saat ini dites ke pengguna iOS dan Android. Belum diketahui kapan kemampuan tersebut diresmikan untuk publik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.