Takut Makin Gemuk Usai Liburan? Baca 3 Aplikasi Ini...

Kompas.com - 25/12/2015, 08:11 WIB
Ilustrasi THINKSTOCK.COMIlustrasi
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Liburan Natal dan Tahun Baru tak lepas dari berbagai menu hidangan khas penggunggah selera. Semua tersedia. mulai kue khas Natal hingga makanan "berat" lainnya. Saking nikmatnya, tak sadar berat badan pun bertambah. 

Tentu, bukan cuma Anda yang kalap saat liburan. Untuk itu, bila khawatir berat badan bertambah usai menikmati berbagai menu makanan saat liburan, ada baiknya Anda mulai mengontrol asupan kalori.

Cara mengontrol asupan pun beragam, mulai menekan nafsu makan berlebih hingga berolah raga ringan. Di era digital saat ini, masyarakat urban selalu memanfaatkan peran teknologi dalam menerapkan tren gaya hidup sehat, seperti penggunaan aplikasi kesehatan di smartphone. Berikut beberapa aplikasi yang dapat diunduh dalam memantau berat badan saat liburan akhir tahun:

1. FatSecret, si penghitung kalori

Aplikasi kesehatan ini telah digunakan oleh lebih dari 35 negara. Bahkan, sistemnya sudah diperkuat dengan 15 bahasa, termasuk dalam bahasa Indonesia.

Aplikasi ini akan memandu Anda memberikan pola menu hidangan sesuai dengan jumlah kalori. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui jumlah kalori setiap mengonsumsi makanan melalui grafik harian pada aplikasi ini.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Saat login, Anda dapat memilih dengan menggunakan akun Facebook, Email atau melalui Google.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada awal login, Anda akan menerima beberapa pertanyaan seputar motivasi, informasi kesehatan, kondisi badan dan lain sebagainya. Selanjutnya, Anda dapat menjalankan program pemantauan atau penurunan berat badan sesuai dengan asupan kalori secukupnya.

Thinkstockphotos Ilustrasi
2. LifeSum, the health movement

Aplikasi LifeSum asal Swedia ini memiliki fungsi untuk melacak berbagai aktifitas, makanan yang dikonsumsi, dan asupan air harian. Awalnya, para pengguna harus menentukan tujuan dari penerapan pola hidup sehat melalui aplikasi ini, seperti be healthier, gain weight, atau lose weight.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X