Aplikasi Chatting "Pintar" Google Tiru Facebook?

Kompas.com - 26/12/2015, 10:35 WIB
Google mengumumkan pemakaian logo baru pada Selasa (2/9/2015). GoogleGoogle mengumumkan pemakaian logo baru pada Selasa (2/9/2015).
|
EditorWicak Hidayat

KOMPAS.com - Google disinyalir sedang menggodok aplikasi messaging yang memiliki fitur artificial intelligent (AI). Tak sekadar mengakomodir kebutuhan sosialisasi antar sesama pengguna, aplikasi itu juga mewadahi komunikasi dengan bot Google.

Pengguna bisa bertanya apa saja ke bot Google. Bot akan membeberkan informasi yang ditanyakan berdasarkan hasil penelusuran mesin pencari.

Dilansir KompasTekno, Jumat (25/12/2015) dari TheVerge, Google sudah mempersiapkan aplikasi messaging tersebut selama setahun. Pun begitu, belum jelas kapan anak perusahaan Alphabet itu mengkomersilkannya.

Beberapa sumber menyebut, Google juga mengizinkan penyedia layanan pihak ketiga menyematkan chatbot (robot pembalas chat) ke aplikasi messaging-nya. Tujuannya agar pengguna bisa menyerap informasi yang lebih kaya hanya lewat satu aplikasi.

Lalu, jika pengguna bisa menjajal kemampuan Search lewat aplikasi tersebut, bagaimana nasib Search selanjutnya? Google enggan berkomentar.

Disinyalir Google sengaja membuat aplikasi messaging berkemampuan AI untuk menyaingi Facebook M. Bot yang sedang dites pada layanan Facebook Messenger tersebut mengusung konsep serupa. Untuk hal ini Google juga belum mengkonfirmasi.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X