Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Perintah Suara Bermanfaat di Google Now

Kompas.com - 27/12/2015, 14:05 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Google Now bisa dikatakan sebagai portal dari layanan Search. Bedanya, pengguna tak perlu mengetik untuk menanyakan apapun. Pengguna cukup menggunakan perintah suara (voice command).

Lebih dari sekadar menanyakan informasi umum, Google Now juga memiliki sembilan fungsi yang bisa diperintahkan via suara, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (26/12/2015) dari Gizmodo.

Pertama, mengaktifkan atau menonaktifkan WiFi dan Bluetooth. Pengguna hanya perlu mengatakan "turn wifi off" atau "turn wifi on". Perangkat Android akan membuka laman ke pengaturan WiFi atau Bluetooth dan menjalankan perintah.

Kedua, menyalakan atau mematikan lampu flash. Sama seperti perintah pada WiFi dan Bluetooth, pengguna cukup mengatakan "turn flashlight on" atau "turn flashlight off".

Ketiga, membaca pesan masuk. Ketika pengguna memerintahkan "read my messages" atau "show my messages", Google Now akan menunjukkan lima pesan masuk terbaru pada layar.

Keempat, membuka aplikasi. Katakan "open (aplikasi yang hendak dibuka)", maka layar akan membuka aplikasi tersebut. Dengan ini, membuka Facebook, Twitter, Gmail, dan aplikasi populer lainnya bisa lebih praktis. Pengguna juga bisa membuka situs, asalkan URL dibaca jelas dan dipahami mesin Google.

Kelima, memutar musik. Pengguna bisa memerintahkan "play music in (aplikasi pemutar lagu)" pada Google Now. Namun, memutar kembali musik belum disetel otomatis menggunakan Google Now.

Keenam, memanggil dan menulis pesan ke kontak. Perintahkan "call..." atau "text..." diikuti nama kontak, lalu ponsel akan mengikuti arahan suara.

Ketujuh, menyetel alarm. Pengguna hanya perlu memerintahkan "set an alram" untuk mengkonfigurasi waktu bangun pagi.

Kedelapan, mengatur terang layar dan level volume. Sayangnya, fungsi ini belum sepraktis fungsi lainnya. Pengguna hanya bisa masuk ke laman pengaturan dengan menyebut "mute volume" atau "lower brightness". Untuk menyetel sesuai level yang diinginkan, pengguna harus melakukannya secara manual.

Kesembilan, menjepret foto dan merekam video. Pengguna bisa memerintahkan "open camera" untuk meluncurkan kamera dan "record a video" untuk meluncurkan mode video.

Selain itu, "take a photo" bisa diperintahkan pada Google Now. Aplikasi akan memberi opsi beberapa layanan foto untuk membidik. Pengguna dapat memilih sesuai yang diinginkan. 

Kesembilan fungsi ini sudah bisa dijajal oleh pengguna Android yang telah memperbarui Google Now ke versi teranyar. Bagi pengguna iOS, masih ada beberapa fungsi yang belum bisa digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com