Apple Minta "Kado Tahun Baru" dari Samsung

Kompas.com - 28/12/2015, 11:14 WIB
Logo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS. The VergeLogo Apple di Bill Graham Ciciv Auditorium, San Francisco, AS.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Apple minta "kado tahun baru" spesial dari Samsung berupa uang 180 juta dollar AS atau setara Rp 2,4 triliun atas kasus paten.

Sebagai catatan, tuntutan itu dilayangkan setelah beberapa minggu lalu Samsung sepakat mengganti rugi 548 juta dollar AS atau Rp 7,4 triliun.

Rupanya 548 juta dollar masih dianggap kurang. Dengan tambahan 180 juta dollar, Apple mengharapkan total pemasukan 720 juta dollar dari Samsung.

Dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Senin (28/12/2015), dokumen tuntutan tambahan Apple dibeberkan pertama kali pada Kamis pekan ini melalui blog personal ahli paten Florian Mueller. 

Dokumen menunjukkan pabrikan Cupertino tak asal mematok harga. Duit 540 juta dollar AS dinilai hanya mampu menebus dosa Samsung mencuri paten dan desain produk Apple selama bertahun-tahun.

Sementara tambahan 180 juta dollar dianggap sesuai mengganti rugi kerusakan tambahan (supplemental damage), yakni kerugian Apple atas pelanggaran paten Samsung setelah putusan pengadilan dikeluarkan.

Hingga kini dua perusahaan yang berseteru belum berkomentar resmi ihwal tuntutan tambahan Apple. Diketahui, perang paten di antara dua vendor raksasa itu telah berlangsung sejak 2011 silam.



Sumber CNET
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X