Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sistem Operasi Buatan Korea Utara Dibedah, Hasilnya?

Kompas.com - 29/12/2015, 11:29 WIB
Deliusno

Penulis

Sumber Reuters
KOMPAS.com –  Dua orang peneliti dari perusahaan keamanan jaringan asal Jerman “membedah” sistem operasi berbasis Linux buatan Korea Utara, Red Star OS. Hasil penelitian tersebut memperlihatkan sebuah fakta yang cukup mencengangkan.

Kedua peneliti tersebut adalah Florian Grunow dan Niklaus Schiess dari perusahaan ERNW GmbH. Peneliti tersebut memaparkan hasil penelitiannya dalam sebuah acara Chaos Communication Congress, di Hamburg, Jerman.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Reuters, Senin (28/12/2015), kedua peneliti tersebut mengungkapkan, sama seperti negara itu sendiri, Red Star OS diketahui sangat tertutup.

Dalam artian, pemerintah Korut ingin mengisolasi dan mengontrol semua informasi yang beredar melalui sistem operasi ini.

Ada banyak fitur pengamanan yang dipasang oleh ahli teknologi Korea Selatan. Salah satu contohnya, sistem Red Star akan memberikan semacam watermark di setiap file dokumen atau media yang ada di komputer atau USB flash disk yang tercolok. Melalui watermark tersebut, pemerintah dapat melacak siapa pembuat dan orang terakhir yang membuka file itu.

Canggihnya lagi, sistem tersebut dapat mencegah seseorang untuk memodifikasi sistem operasi tersebut. Jika ada yang berusaha mencobanya, sistem akan mengeluarkan peringatan atau me-reboot dirinya sendiri.

Bentuk isolasi lainnya terletak pada browser dan juga antivirus bawaan sistem Red Star. Keduanya terhubung langsung ke server internal milik Korea Utara. Itu artinya, pemerintah bisa mengetahui langsung situs apa yang diakses pengguna dan virus apa saja yang masuk ke negara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com