Sistem Operasi Buatan Korea Utara Dibedah, Hasilnya?

Kompas.com - 29/12/2015, 11:29 WIB
Red Star boot screen Red Star boot screen
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com –  Dua orang peneliti dari perusahaan keamanan jaringan asal Jerman “membedah” sistem operasi berbasis Linux buatan Korea Utara, Red Star OS. Hasil penelitian tersebut memperlihatkan sebuah fakta yang cukup mencengangkan.

Kedua peneliti tersebut adalah Florian Grunow dan Niklaus Schiess dari perusahaan ERNW GmbH. Peneliti tersebut memaparkan hasil penelitiannya dalam sebuah acara Chaos Communication Congress, di Hamburg, Jerman.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Reuters, Senin (28/12/2015), kedua peneliti tersebut mengungkapkan, sama seperti negara itu sendiri, Red Star OS diketahui sangat tertutup.

Dalam artian, pemerintah Korut ingin mengisolasi dan mengontrol semua informasi yang beredar melalui sistem operasi ini.

Ada banyak fitur pengamanan yang dipasang oleh ahli teknologi Korea Selatan. Salah satu contohnya, sistem Red Star akan memberikan semacam watermark di setiap file dokumen atau media yang ada di komputer atau USB flash disk yang tercolok. Melalui watermark tersebut, pemerintah dapat melacak siapa pembuat dan orang terakhir yang membuka file itu.

Canggihnya lagi, sistem tersebut dapat mencegah seseorang untuk memodifikasi sistem operasi tersebut. Jika ada yang berusaha mencobanya, sistem akan mengeluarkan peringatan atau me-reboot dirinya sendiri.

Bentuk isolasi lainnya terletak pada browser dan juga antivirus bawaan sistem Red Star. Keduanya terhubung langsung ke server internal milik Korea Utara. Itu artinya, pemerintah bisa mengetahui langsung situs apa yang diakses pengguna dan virus apa saja yang masuk ke negara tersebut.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.