Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo Minta Google Tambah Kuota Startup Indonesia

Kompas.com - 29/12/2015, 12:30 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memanfaatkan pertemuan dengan pendiri Google Sergey Brin untuk meminta mereka ikut menumbuhkan startup lokal.

Rudiantara mengetahui saat ini Google memiliki program Launchpad Week dan Accelerator yang bakal menjaring usaha rintisan digital dari Indonesia untuk dibesarkan.

Keduanya sama-sama bertujuan membesarkan sebuah startup. Namun khusus untuk program Accelerator, Google menyediakan bimbingan, perjalanan ke Silicon Valley hingga suntikan dana tanpa keterikatan saham.

"Jadi tadi kami bicara bagaimana meningkatkan peran Google dalam konteks pembangunan startup, khususnya inkubator. Karena Google punya program. Sergey juga bicara, oke akan kita tingkatkan (startup yang dibimbing)," ujar Rudiantara saat ditemui KompasTekno, Senin (28/12/2015).

Pria yang akrab disapa Chief RA itu berharap program Google akan sinkron dengan rencana pemerintah mengembangkan 200 startup lokal berkualitas per tahun dan dengan demikian membesarkan ekonomi digital di Tanah Air.

Brin yang diajak bicara soal rencana itu pun menanggapi positif. Meski belum menetapkan berapa besar peningkatan jumlah startup yang akan mereka masukkan ke dalam program milik Google.

"Angkanya belum fix, tapi saat ini dari Launchpad Week ada 13 yang ikut dan dari Accelerator untuk ke Mountain View bulan depan ada delapan. Ada tujuh yang sudah diumumkan, sedangkan yang ke-8 masih belum diputuskan," imbuh Communication Manager Google Indonesia, Jason Tedjasukmana.

"Mudah-mudahan itu (penambahan jumlah startup yang diinkubasi) akan diadakan tahun depan, tapi kita belum tahu berapa jumlahnya," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com