Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malas Bawa "Gadget" saat Bertualang ke Alam Bebas? Rugi...

Kompas.com - 29/12/2015, 18:32 WIB
Sri Noviyanti

Penulis

KOMPAS.com – Jelang akhir tahun, rencana berpetualang mulai menjadi perhitungan. Beragam destinasi bisa masuk dalam daftar, mulai sekadar menikmati alam hingga melakukan aktivitas ekstrem.

Apapun jenis liburan yang dipilih, satu hal tak boleh terlewatkan adalah membawa gadget. Tak hanya untuk kebutuhan telekomunikasi atau dokumentasi, gadget juga bisa menjadi teman perjalanan.

Sayangnya, baterai yang boros, pertimbangan beban, hingga kemungkinan rusak karena jatuh membuat orang malas membawa peranti itu. Padahal, ada sejumlah trik untuk menjawab segala kekhawatiran itu. Berikut ini di antaranya:

Tas khusus

Sebelum bertualang, siapkan tas khusus untuk menyimpan gadget. Tas pinggang cocok untuk menaruh ponsel pintar dan kamera saku.

Lain halnya jika Anda merencanakan perjalanan ke laut atau sungai. Anda mutlak membutuhkan waterproof bag sebagai tempat menyimpannya. Simpan juga alat pengisi daya dan headset di tempat yang sama.

Pelindung khusus

Selain tas, Anda bisa memakai alat pelindung khusus. Biasanya, ponsel pintar atau kamera memiliki casing khusus yang bisa digunakan.

Saat melakukan aktivitas ekstrem, misalnya, pakai casing khusus untuk ponsel agar tahan banting. Begitu juga saat berwisata ke laut, ada casing khusus ponsel agar tahan air.

Baterai cadangan

Baterai ponsel pintar yang dibawa biasanya cepat habis saat sering digunakan untuk berfoto atau mendengarkan musik. Untuk itu, bawalah minimal satu baterai cadangan.

Cara lainnya, membawa pengisi daya portable atau power bank. Bila perjalanan cukup panjang, disarankan membawa power bank dengan daya besar.

Dengan beragam perlengkapan tersebut, gadget aman dibawa saat melakukan perjalanan. Toh, mencarinya pun tak sulit. Biasanya toko alat-alat outdoor telah menyediakannya.

Namun, kalau tak mau repot, situs belanja online seperti Bukalapak.com pun menyediakannya. Ada banyak varian dan aneka tawaran harga tersedia.

Selamat bertualang!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com