Kompas.com - 30/12/2015, 15:24 WIB
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Posisi Microsoft di industri smartphone belum sebesar Apple dan Samsung. Tahun ini, Windows Phone hanya berkontribusi 2,6 persen untuk penjualan smartphone global. Angka itu menurun 3,4 persen dari 2013.

Tapi Microsoft tak gentar. VP sekaligus Chief Marketing Officer Microsoft Chris Capossela mengatakan perusahaannya sedang menggarap smartphone gahar untuk merebut pasar sedikit demi sedikit.

Capossela tak menjelaskan secara spesifik ihwal smartphone yang dimaksud. Dirangkum KompasTekno, Rabu (30/12/2015) dari Techspot, Capossela hanya mengisyaratkan dua hal.

Pertama, smartphone itu tak dimasukkan ke seri Lumia. Kedua, smartphone dibuat dengan teknologi hibrida layaknya Surface Pro.

"Konsep Surface ingin mengatakan, 'Hey, Apple ingin menjual iPad dan Mac', kami berpikir ada satu perangkat yang bisa menggabungkan fungsi keduanya," kata dia.

"Kami membutuhkan semangat yang sama pada sektor smartphone, di mana pecinta Windows tak hanya akan merasakan manfaat smartphone secara tunggal," ia menambahkan.

Dari petunjuk tersebut, para pengamat teknologi pun berspekulasi Microsoft akan menggodok "Surface Phone". Ponsel tersebut disinyalir akan menyerupai PC.

Microsoft dikatakan bakal menyingkirkan chipset smartphone tradisional buatan Qualcomm dan menggantinya dengan arsitektur chipset buatan Intel.

Rumor juga menyebut Surface Phone mampu menjalankan semua software Windows, baik untuk PC maupun smartphone.

Capossela enggan mengomentari perkiraan-perkiraan itu. Ketersediaan ponsel itu pun belum diungkap. Tapi tampaknya ponsel itu akan hadir sebelum Apple merilis iPhone 7.

"Saya rasa kami harus bekerja lebih inovatif sebelum fans Apple membeli iPhone 7," kata Capossela.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber TechSpot

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.