Kompas.com - 31/12/2015, 09:09 WIB
Episode Game of Thrones season 5 bisa mulai di-download akhir Agustus. HBOEpisode Game of Thrones season 5 bisa mulai di-download akhir Agustus.
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Situs TorrentFreak membuat daftar 10 film serial TV yang paling banyak diunduh bajakannya sepanjang 2015. Serial Game of Thrones berada di posisi pertama.

Game of Thrones, serial yang ditayangkan oleh HBO berdasar novel A Song of Ice and Fire karya George R. R. Martin itu sudah diunduh secara ilegal sebanyak 14,4 juta kali sepanjang tahun 2015.

Sementara penonton TV serial tersebut di AS diprediksi hanya sekitar 8,1 juta saja.

Posisi puncak tersebut sudah bisa diprediksi sejak awal tahun ini, dimana Game of Thrones memecahkan rekor sebanyak 258.131 peers di seluruh dunia membagi file yang sama, terbanyak sepanjang sejarah.

Dari segi tren, film-film bajakan dengan kualitas tinggi menurut TorrentFreak, seperti dikutip KompasTekno, Kamis (31/12/2015), kian diminati jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Namun demikian, bajakan serial TV dengan resolusi 480p tetap menjadi yang populer di tengah pengunduh, diikuti dengan resolusi 720p dan 1080p.

Secara keseluruhan, TorrentFreak menilai tidak ada tren penurunan pembajakan serial TV di tahun ini. Sebaliknya, jumlah unduhan acara populer justru semakin naik, kadang sampai melampaui jumlah pemirsanya di AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut adalah daftar 10 serial TV yang paling sering dibajak menurut TorrentFreak.

TorrentFreak Daftar 10 serial TV yang paling banyak dibajak sepanjang tahun 2015.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.