Kompas.com - 01/01/2016, 17:41 WIB
Drawa, maskot Asian Games 2018 TwitterDrawa, maskot Asian Games 2018
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah memperkenalkan maskot Asian Games 2018 yang akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus - 2 September 2018.

Namun maskot Asian Games berupa burung cenderawasih dengan kostum pencak silat yang diberi nama Drawa itu mendapat banyak kritikan dari masyarakat, menyangkut desain yang ala kadarnya alias asal jadi.

Banyak netizen yang mengkritisi melalui berbagai media sosial, seperti Facebook dan Twitter, setelah Drawa diperkenalkan pada Minggu (27/12/2015) lalu.

Kritikan-kritikan itu beberapa di antaranya datang dari para penggiat industri kreatif seperti komikus dan animator.

Komikus Faza Ibnu Ubaydillah Salman (populer dengan julukan Faza Meonk) berpendapat, tidak semua aspek dari maskot tersebut bisa dinilai negatif. Ia bahkan memuji pemilihan karakter yang dianggapnya sudah cukup baik ini.

"Bisa dilihat ketika di-remake oleh desainer-desainer lain, (maskot ini) jadi terlihat bagus," ujar pencipta karakter populer Si Juki ini saat dihubungi oleh KompasTekno, Kamis (31/12/2015).

Oleh karena pemilihan karakternya yang sudah tepat itu, Faza justru berpendapat maskot itu memang harus direvisi. Agar eksekusinya bisa lebih ciamik, dengan dasar karakter tetap burung cendrawasih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara animator sekaligus pendiri studio animasi Main Studio Andi Martin mengatakan, maskot Asian Games 2018 buatan Kemenpora tidak memiliki nilai jual. Padahal, nilai jual ini sangat vital terkait dengan licensing dan merchandising.

"Kalau desainnya tidak bagus, merchandise-nya siapa yang mau beli?" ujarnya saat dihubungi secara terpisah, Jumat (1/1/2016).

Masih ada waktu untuk revisi

Jika dibandingkan dengan logo Asian Games sebelum ini, Faza menilai maskot Drawa ini sebenarnya masih jauh dari kata layak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.