Kompas.com - 02/01/2016, 08:36 WIB
(Kika) Nelayan Pamekasan, Wakil Bupati Pamekasan Kholil Asyari, General Manager Sales XL East1 Liedya Andayani, serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Pamekasan Nurul Widi Astutik. XL Axiata(Kika) Nelayan Pamekasan, Wakil Bupati Pamekasan Kholil Asyari, General Manager Sales XL East1 Liedya Andayani, serta Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Pamekasan Nurul Widi Astutik.
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com - XL baru memperluas program mFish miliknya ke Pamekasan, Madura. Implementasi program tersebut dilakukan di 6 desa dengan total penerima 110 orang nelayan.

Program mFish merupakan inisiatif digitalisasi nelayan yang sudah diselenggarakan XL sejak awal tahun ini. Peserta program akan mendapatkan ponsel berisi aplikasi mFish, charger tenaga surya serta paket data yang dibutuhkan.

Mereka bisa memakai aplikasi tersebut untuk mengetahui lokasi plankton yang menandai ikan, kondisi cuaca, ketinggian ombak hingga harga ikan.

"Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup,” Vice President East Region XL, Desy Sari Dewi dalam keterangan resminya pada KompasTekno, Rabu (30/12/2015).

Setelah Pamekasan, XL juga akan memperluas programnya ke wilayah Pulau Madura yang lain, yaitu Bangkalan dan Sumenep.

Sebelumnya, operator yang identik dengan warna biru itu juga telah menjalankan program serupa di Bali dan Lombok. Pada awal peluncuran program tersebut, mereka juga menjanjikan sekitar 50.000 unit mFish untuk dibagikan ke nelayan berbagai daerah Kendari, Tegal, dan Karimun Jawa.

Melalui kerjasama seperti ini, Dinas Kelautan dan Perikanan di masing-masing wilayah bisa mendapatkan data rill dari nelayan. Isinya antara lain berupa harga ikan serta jumlah tangkapan dalam waktu tertentu.

Jaringan XL di madura didukung oleh 795 base transceiver station (BTS), dengan 380 di antaranya berupa BTS 3G. Total pelanggan mereka di Pulau Garam ini mencapai 1,37 juta orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.