Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Program "Digitalisasi Nelayan" XL Masuk Madura

Kompas.com - 02/01/2016, 08:36 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - XL baru memperluas program mFish miliknya ke Pamekasan, Madura. Implementasi program tersebut dilakukan di 6 desa dengan total penerima 110 orang nelayan.

Program mFish merupakan inisiatif digitalisasi nelayan yang sudah diselenggarakan XL sejak awal tahun ini. Peserta program akan mendapatkan ponsel berisi aplikasi mFish, charger tenaga surya serta paket data yang dibutuhkan.

Mereka bisa memakai aplikasi tersebut untuk mengetahui lokasi plankton yang menandai ikan, kondisi cuaca, ketinggian ombak hingga harga ikan.

"Kami berharap, dengan menggunakan aplikasi mFish, masyarakat nelayan Pamekasan akan mampu meningkatkan hasil tangkapan mereka, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kualitas hidup,” Vice President East Region XL, Desy Sari Dewi dalam keterangan resminya pada KompasTekno, Rabu (30/12/2015).

Setelah Pamekasan, XL juga akan memperluas programnya ke wilayah Pulau Madura yang lain, yaitu Bangkalan dan Sumenep.

Sebelumnya, operator yang identik dengan warna biru itu juga telah menjalankan program serupa di Bali dan Lombok. Pada awal peluncuran program tersebut, mereka juga menjanjikan sekitar 50.000 unit mFish untuk dibagikan ke nelayan berbagai daerah Kendari, Tegal, dan Karimun Jawa.

Melalui kerjasama seperti ini, Dinas Kelautan dan Perikanan di masing-masing wilayah bisa mendapatkan data rill dari nelayan. Isinya antara lain berupa harga ikan serta jumlah tangkapan dalam waktu tertentu.

Jaringan XL di madura didukung oleh 795 base transceiver station (BTS), dengan 380 di antaranya berupa BTS 3G. Total pelanggan mereka di Pulau Garam ini mencapai 1,37 juta orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com