Instagram di Android Sudah Bisa "Force Touch"

Kompas.com - 04/01/2016, 11:34 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Instagram memperkenalkan fitur "Force Touch" khusus untuk perangkat iOS pada November 2015 lalu.

Kini fitur tersebut juga sudah bisa dijajal pengguna Android, sebagaimana dilaporkan AndroidPolice dan dirangkum KompasTekno, Senin (4/1/2016).

Jika ingin melihat jelas gambar thumbnail, pengguna Android tak perlu lagi membuka gambar satu per satu. Cukup tekan lama gambar thumbnail pada akun Instagram untuk memperbesar tampilan (zoom in)

Jika suka, pengguna bisa menekan pilihan "like" pada sisi bawah foto yang diperbesar dengan menggeser jari. Pengguna juga bisa menekan pilihan "share" untuk membagi foto. 

Dua fungsi sekaligus (zoom-in dan like/share) bisa dilakukan dalam satu tekanan tanpa mengangkat jari. Asalkan pengguna lihai menggeser tekanan jari ke kiri, kanan, atas, dan bawah.

Intinya, tak perlu banyak gerakan jari untuk menjalankan beberapa fungsi sekaligus. Esensi inilah yang melatarbelakangi Apple membuat teknologi "Force Touch" pada pertengahan 2015 lalu.

Teknologi yang juga disebut "3D Touch" tersebut diklaim meningkatkan produktivitas dengan energi efisien. "Force Touch" atau "3D Touch" mampu membedakan perintah pengguna berdasarkan sentuhan. Ada sentuhan keras dan pelan, ada pula sentuhan lama dan singkat.

Teknologi tersebut memulai debutnya lewat Apple Watch. Kemudian menyusul duet iPhone 6s dan 6s Plus. Beberapa ponsel Android juga sudah mencanangkan teknologi itu. Salah satunya Huawei Mate S.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.