Kompas.com - 05/01/2016, 14:43 WIB
Drone DJI Inspire One CnetDrone DJI Inspire One
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Produsen wahana terbang nirawak DJI menguji coba sistem "geofencing" pada drone buatannya. Tujuannya mencegah drone melintasi wilayah terlarang, baik dari sisi aturan pemerintah setempat, maupun dari segi keamanan.

Dilansir KompasTekno, Selasa (5/1/2015) dari TheVerge, sistem geonfencing itu dinamai "Geospatial Environment Online" atau GEO. Sistem itu akan memberi tahu wilayah mana saja yang seyogyanya tak dilewati drone.

Sekalipun pengguna memaksa masuk ke wilayah terlarang, drone DJI bakal otomatis menolak dengan menghentikan pengoperasian.

Selain wilayah yang dilarang permanen, GEO juga bakal memberi tahu pengguna jika ada daerah-daerah yang pelarangannya temporer. Misalnya daerah hutan terbakar atau stadium-stadium yang sedang mengadakan acara.

GEO juga membatasi gerak drone ke area sensitif seperti penjara dan pabrik-pabrik tertentu. Daerah pelintasan pesawat pun menjadi daerah yang dihindari drone buatan DJI. 

Di Indonesia, Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan telah mengeluarkan peraturan tentang drone. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak, yang disahkan pada 12 Mei 2015.

Jika nanti GEO diresmikan, sistemnya bisa jadi bakal menyesuaikan dengan aturan dari Menhub. Tentu jika drone dimiliki warga negara Indonesia dan dioperasikan di tanah air.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.