Kompas.com - 08/01/2016, 15:58 WIB
Netflix istNetflix
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Kehadiran Netflix mempertegas signifikansi internet cepat di Indonesia. Pasalnya, layanan penyewaan film dan serial televisi berbasis streaming tersebut mematok jaringan internet yang mumpuni sebagai syarat mutlak.

Sebagai gambaran, kecepatan minimum yang dibutuhkan untuk mengakses Netflix adalah 5.0 Mbps. Namun, untuk kualitas gambar film maksimal (Ultra HD), kecepatan yang dibutuhkan 25 Mbps.

Syarat itu bisa dibilang mudah terpenuhi, baik bagi penyedia internet rumah (Biznet, First Media, MNC PlayMedia, IndiHome), maupun penyedia internet mobile (Telkomsel, Indosat Ooreedo, Hutchison Tri, Smartfren).

Pasalnya, penyedia internet rumah mematrikan teknologi fiber optic yang mengakomodir internet berkecepatan hingga ratusan Mbps. Begitu pula operator telekomunikasi yang sudah menyediakan layanan internet generasi keempat (4G LTE) dengan kecepatan memadai.

Namun syarat selanjutnya terkait kuota. Penyedia internet rumah berbasis teknologi fiber optic mengakomodir paket internet tanpa batas (unlimited) dengan beragam kisaran harga.

Tetapi Netflix bukan hanya soal akses di rumah menggunakan PC dan laptop. Layanan tersebut juga mewadahi kebutuhan menonton mobile di manapun dan kapanpun lewat smartphone dan tablet.

Lalu, bagaimana kesiapan operator telekomunikasi?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Perlu diketahui, streaming satu film di Netflix rata-rata membutuhkan kuota internet 6 GB. Sementara pantauan KompasTekno, mayoritas operator telekomunikasi belum menyediakan paket internet berkuota besar dengan harga terjangkau.

XL Axiata dan Indosat Ooreedo masing-masing punya paket bertajuk internet unlimited, namun dipatok batas wajar pemakaian atau FUP.

Paket unlimited XL atau disebut "worry-free" terbagi menjadi paket harian, tiga harian, mingguan, dan bulanan, pada jaringan 2G dan 3G.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.