Kompas.com - 10/01/2016, 11:54 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com — Belum diumumkan, iPhone 7 sudah mendapat protes dari ratusan ribu orang. Apa penyebabnya?

Belakangan ini, tersebar kabar, Apple bakal menanggalkan jack audio 3,5 mm di perangkat iPhone 7. Demi mencapai desain iPhone yang lebih tipis lagi, Apple digosipkan akan menggantinya dengan teknologi port Lightning.

Nah, rumor itulah yang menjadi sumber masalah. Melalui sebuah petisi online, banyak orang yang menyatakan keberatannya terhadap rencana penggantian port tersebut. Hingga saat ini, sudah ada sekitar 217.000 orang yang menandatangani petisi tersebut secara digital.

Menurut petisi itu, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Ubergizmo, Minggu (10/1/2016), tampaknya masalah lingkungan menjadi alasan utama para pemrotes ingin agar Apple tetap menggunakan port audio biasa.

Mereka tidak ingin agar earphone atau headphone dengan konektor 3,5 mm yang telah menjadi standar iPhone selama ini tidak terpakai lagi dan akhirnya menjadi sampah.

"Tidak hanya bakal memaksa pengguna iPhone untuk membagikan uang tambahan untuk menggantikan hi-fi headphone mereka, itu akan menciptakan tumpukan sampah elektronik, yang kemungkinan tidak bisa didaur ulang. Menurut Untited Nations, hingga 90 persen dari sampah elektronik dunia diperdagangkan secara ilegal atau dibuang setiap tahunnya," demikian ditulis dalam petisi online itu.

Petisi tersebut juga menyinggung masalah saat Apple memperkenalkan perangkat dengan port Lightning beberapa waktu lalu. Kala itu, banyak orang yang sampai harus "memensiunkan" kabel yang dimiliki sebelumnya.

Hingga saat ini, belum ada respons dari Apple mengenai petisi tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Ubergizmo
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.