Kompas.com - 12/01/2016, 14:12 WIB
|
EditorOik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara meminta agar Go-Jek segera memperbaiki bug (celah keamanan) yang terdapat di dalam sistemnya.

Rudiantara yakin dengan begitu banyaknya programmer yang dimiliki oleh Go-Jek, seharusnya mereka bisa menambal celah keamanan aplikasi dengan cepat.

Di sisi lain, pemerintah saat ini juga sedang menyiapkan Undang-undang Perlindungan Konsumen yang salah satunya berguna untuk melindungi pengguna aplikasi semacam Go-Jek.

"Sampai Undang-undang itu selesai nanti 2017, kekosongan saat ini akan ditambal dengan Peraturan Menteri," demikian kata Rudiantara kepada KompasTekno di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Momentum diketahuinya bug di dalam aplikasi Go-Jek ini juga diharapkan Rudiantara dijadikan sebuah pembelajaran bagi pelaku startup lain.

"Inikan proses, kita harus belajar, tidak semuanya selalu mulus seratus persen kan, tapi harus kita minimalisir," kata Menteri yang kerap disapa Chief RA itu.

Seperti diberitakan sebelumnya, seorang perancang aplikasi (programmer) menemukan celah keamanan di aplikasi Go-Jek untuk Android dan iOS.

Lewat celah pada APIendpoint tersebut, informasi-informasi yang seharusnya bersifat rahasia, seperti nama, nomor telepon, serta e-mail pengguna dan driver Go-Jek bisa dicuri oleh peretas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.