Kompas.com - 13/01/2016, 07:32 WIB
|
EditorLatief


KOMPAS.com
– Kreativitas warga Negeri Sakura bukan hanya tercermin dari komik dan anime yang mendunia. Ternyata, hal ini juga terlihat jelas dari inovasi produk berdaya guna yang mampu mendukung kemajuan ekonomi dan masyarakatnya.

Tercatat, pada 2014 lalu Bank Pembangunan Asia (ADB) menempatkan Jepang sebagai negara paling efisien dalam mengembangkan kreativitas menjadi inovasi. Jepang meraih nilai unggul pada 36 indikator yang mengukur kapasitas dan insentif untuk inovasi.

Indikator tersebut antara lain jumlah perguruan tinggi yang berhasil masuk 500 besar dunia, jumlah daftar hak paten, buku, film, tingkat urbanisasi, anggaran riset dan pengembangan. Nah, apa saja inovasi kreatif sekaligus efisien karya negeri penggemar sushi ini?

Kereta hemat waktu

Jika Anda berjalan-jalan dari Tokyo ke Nagoya menggunakan kereta peluru Sinkansen, Anda harus duduk di kereta berkecepatan 320 km/jam ini selama 100 menit.

Sekarang, dengan teknologi magnetiv levitation atau maglev, kereta peluru Jepang bisa melaju hingga 600 km/jam. Jadi, Anda cukup duduk di kereta jurusan Tokyo-Nagoya selama 40 menit.

Cara kerja teknologi maglev adalah dengan mengangkat badan kereta api setinggi 10 sentimeter dari rel. Kemudian, kereta didorong kekuatan magnet bermuatan listrik.

Minimarket tahan gempa

Infrastruktur kota lumpuh saat Jepang dihantam bencana gempa, termasuk aliran listrik dan air. Dalam keadaan seperti ini, pemilik minimarket harus tetap membuka toko karena warga membutuhkan bahan makanan. Mereka pun kemudian menggunakan senter dan kalkulator sebagai sumber cahaya.

Kejadian sama sering terjadi mengingat Jepang memang masuk kawasan rawan gempa. Berkaca dari pengalaman tersebut, solusi energi cadangan dirancang agar minimarket tetap bisa beroperasi meski tanpa aliran listrik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.