Kompas.com - 13/01/2016, 11:19 WIB
Netflix menyediakan aneka judul film dan serial TV NetflixNetflix menyediakan aneka judul film dan serial TV
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Hadirnya layanan streaming film Netflix di Indonesia disambut baik oleh pemerintah. Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menegaskan layanan tersebut tidak akan diblokir, melainkan akan diatur.

"Netflix nanti akan diwadahi dari sisi regulasinya, karena di situ ada kepentingan masyarakat juga," kata Rudiantara saat dijumpai KompasTekno di Jakarta, Selasa (11/1/2016).

Namun demikian, Rudiantara meminta agar layanan streaming film tersebut memerhatikan konten-konten yang disajikan, dan tunduk terhadap Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Konten-konten yang hanya layak dikonsumsi oleh penonton dewasa menurut Rudiantara hendaknya diproteksi. "Boleh-boleh saja beroperasi, setelah kontennya terkontrol," ujarnya singkat.

Layanan Netflix telah hadir sejak awal Januari 2016. Saat ini Netflix menawarkan langganan gratis selama satu bulan sebagai bentuk kampanyenya di Indonesia.

Pantauan KompasTekno, beberapa konten memang hanya layak dikonsumsi oleh orang dewasa. Namun demikian, Netflix memiliki fitur Parental Controls.

Fitur tersebut membagi tayangan berdasar umur penontonnya, seperti Little Kids, Older Kids, Teens, dan Adults. Fitur tersebut bisa diatur melalui menu Profiles pengguna.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Film-film di Netflix juga tidak bisa ditonton secara bebas, layaknya YouTube. Layanan Netflix mensyaratkan penggunaan kartu kredit untuk berlangganan. Ini juga digunakan Netflix untuk menyaring pelanggannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X