Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkominfo: Tidak Semua E-commerce Bisa Diinvestasi Asing

Kompas.com - 13/01/2016, 16:44 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku industri e-commerce di Indonesia berkesempatan untuk mendapatkan pendanaan (investasi) lebih besar lagi dari investor luar, seiring dengan revisi daftar negatif investasi (DNI) yang sedang dibahas oleh pemerintah.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, momentum revisi DNI ini menjadi kesempatan baik untuk semua pelaku e-commerce di Indonesia,

"Saat ini yang namanya e-commerce itu tidak diperbolehkan untuk (investor) asing, di lain pihak kita sedang meningkatkan investasi asing di Indonesia," kata Rudiantara, Selasa (12/1/2016) di Jakarta.

Namun demikian, Rudiantara mengatakan tidak semua industri e-commerce atau Usaha Kecil Menengah (UKM) akan dibuka seluas-luasnya untuk investor asing.

"Kita akan lihat lagi, kalau UKM memang sesuai undang-undang tidak diperbolehkan, tapi yang sudah melewati fase shift capital dan pendanaan beberapa series kita consider dibuka," ujarnya.

Batasan nilai capital untuk menentukan boleh atau tidaknya pihak asing berinvestasi dalam suatu e-commerce atau UKM tersebut saat ini menurut Rudiantara sedang dibahas.

Selain e-commerce, ada sekitar 16 - 17 sektor bisnis yang rencananya akan dilonggarkan lagi untuk investor asing.

Presiden RI Joko Widodo sendiri memberikan batasan waktu dua minggu terhitung sejak Selasa (12/1/2016) kepada para menteri terkait untuk merampungkan revisi daftar negatif investasi (DNI) yang berlaku saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com