Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir 2016, Indosat Mampu Layani 100 Juta Pelanggan 4G

Kompas.com - 14/01/2016, 08:39 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indosat Ooredoo mengambil langkah strategis untuk mendorong adopsi jaringan 4G LTE di tanah air. Selain dengan menggenjot bundling perangkat 4G, operator plat kuning ini juga gencar memperluas cakupan jaringan.

"Tiap bulan kami berkomitmen menambah coverage 4G untuk 5 juta pelanggan (atau 60 juta pelanggan untuk satu tahun)," kata Division Head Data Services - Products Indosat Ooredoo Sharif Mahfoedz, usai peluncuran paket "IM3 Freedom Combo, Rabu (13/1/2016), di Atrium Mall Gandaria City, Jakarta.

Saat ini, Sharif mengklaim jaringan 4G Indosat sudah mencakup 40 juta pelanggan. Artinya per akhir 2016, coverage jaringan 4G Indosat sudah mampu menanggulangi kebutuhan 100 juta pelanggan.

Saat ditanya jumlah pelanggan 4G Indosat sejauh ini, Sharif belum mau mengumbar.

Sebagai gambaran kasar, hingga kuartal ketiga 2015, jumlah pelanggan Indosat Ooredoo ada 69 juta. Setengah atau 50 persennya adalah pelanggan data, di mana salah satu komposisinya adalah pelanggan 4G.

Selain menambah coverage untuk 60 juta pelanggan sepanjang 2016, Indosat juga menargetkan ekspansi layanan 4G ke 14 kota.

Saat ini, baru 27 kota yang sudah bisa menikmati jaringan internet cepat. Namun lagi-lagi, Sharif enggan membeberkan 14 kota selanjutnya yang akan dipasangi 4G LTE.

"Yang jelas kota-kota besar," katanya singkat.

Paket IM3 Freedom Combo yang baru dirilis hari ini juga digadang-gadang sebagai motivator agar pengguna beralih ke 4G. Pasalnya, ada bonus kuota internet dua kali lipat bagi pengguna 4G.

Ada empat jenis paket Freedom Combo, yakni "M", "L", "XL", dan "XXL".  Kesamaan semua paket adalah telepon dan SMS gratis ke sesama pengguna Indosat Ooredoo selama 24 jam.

Perbedaannya terletak pada kuota internet. Paket M, L, XL, dan XXL berturut-turut berkuota internet 1GB, 3GB, 5GB, dan 10GB dengan bonus kelipatan ganda untuk pengguna 4G. Harganya masing-masing Rp 59 ribu, Rp 99 ribu, Rp 149 ribu, dan Rp 199 ribu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com