Jangan Diremehkan... Listrik Mendadak Padam, Infrastruktur TI Rugi Besar!

Kompas.com - 15/01/2016, 06:55 WIB
Permasalahan listrik padam secara mendadak berdampak pada teknologi berbagai perangkat IT ThinkstockPermasalahan listrik padam secara mendadak berdampak pada teknologi berbagai perangkat IT
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Pemadaman listrik secara mendadak dapat berdampak negatif terhadap infrastruktur teknologi informasi (TI). Efeknya terasa, mulai kerusakan perangkat TI hingga terhambatnya operasional bisnis di era modern saat ini.

Padamnya listrik bisa dipastikan akan menimbulkan banyak permasalahan, karena daya listrik merupakan sumber energi utama untuk peralatan elektronik. Perlengkapan TI yang menyedot sumber listrik itu antara lain server, personal computer (PC), switch,storage, printer, dan lain-lain.

Otomatis, begitu listrik mendadak padam, segala aktivitas perangkat TI pun terhambat, seperti proses transaksi elektronik yang membutuhkan perangkat PC ataupun server. Maka dari itu, akibat terjadinya listrik padam secara mendadak timbul kerugian yang cukup beragam.

Berikut beberapa faktor kerugian terhadap infrastruktur TI akibat listrik padam secara mendadak:

Kerusakan aset 

Padamnya listrik secara mendadak sudah pasti berpengaruh pada kerusakan perangkat TI yang pada akhirnya berujung pada kerugian finansial. Beberapa perangkat, misalnya motherboard, monitor, prosesor hingga perangkat server berpotensi rusak.

Komponen motherboard berfungsi menghubungkan seluruh komponen penyusun pada sebuah komputer. Artinya, komponen ini memiliki tugas untuk menghubungkan bahasa kode antar perangkat keras agar dapat disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer.

Sementara itu, masalah lain yang juga akan timbul adalah terganggunya kinerja perangkat server. Perangkat ini berfungsi menyimpan informasi dan mengelola suatu jaringan komputer. Alhasil, ketika listrik byarpet, kinerja server lantas menurun.

Ya, server memang dituntut standby selama 24 jam nonstop. Karena itulah, server membutuhkan pasokan listrik secara optimal dan terus menerus. Tanpa daya listrik, sistem jaringan di kantor akan mati. Beberapa system, misalnya local area network (LAN) akan langsung tak berfungsi.

Tak pelak, dengan kondisi seperti itu, sebagai pengguna pribadi ataupun pemilik perusahaan Anda akan mengeluarkan budget lebih untuk pemeliharaan dan pembelian perangkat baru. Karena itulah, perlu adanya dukungan teknologi penunjang yang dapat meminimalisir resiko bila terjadi permasalahan listrik padam mendadak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X