Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisingnya Twitter Kala Tragedi Bom Sarinah

Kompas.com - 15/01/2016, 15:33 WIB
Deliusno

Penulis

KOMPAS.com — Peristiwa serangan bom di depan pusat perbelanjaan Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2016), mengundang berbagai reaksi netizen di jejaring sosial Twitter.

Perusahaan berlogo burung berwarna biru tersebut mencatat, hingga Jumat (15/1/2015) pukul 10.00 WIB, terdapat lebih dari 820.000 kicauan yang terkait dengan kejadian tersebut.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari keterangan pers, puncak percakapan terjadi pada Kamis pukul 13.28 WIB dengan jumlah 2.100 tweet dalam satu menit.

"Tiga tanda pagar (tagar) utama yang paling banyak digunakan adalah #PrayForJakarta, #KamiTidakTakut, dan #SafetyCheckJkt. Tagar #PrayForJakarta bahkan sempat menjadi trending topic nomor 1 dunia," tulis pihak Twitter.

Netizen menggunakan Twitter untuk mengekspresikan keberanian, dukungan, dan ketabahan atas serangan dari kelompok teror tersebut.

Pengguna Twitter juga saling berbagi informasi, saling mengingatkan untuk tidak membagikan laporan yang belum diverifikasi, dan menyampaikan solidaritas melawan serangan yang terjadi.

"Turut berduka cita dan mengutuk keras atas kejadian bom di Sarinah. Masyarakat jangan panik dan takut. Laporkan jika ada yang mencurigakan," tulis Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, @basuki_btp.

"Guys, wherever you are, please stay safe! #PrayForJakarta," kicau penyanyi cantik Raisa Andriana, @raisa6690.

"INDONESIAKU SATU! KAMI TIDAK BODOH. Kami tidak mudah TERPROVOKASI! KAMI cinta INDONESIA. INDONESIAKU SATU! #prayforJakarta #prayforIndonesia," tweet Agnes Monica di akunnya, @agnezmo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com