Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fujifilm Rilis X-Pro2, Mirrorless Seharga Rp 23 Juta

Kompas.com - 15/01/2016, 20:09 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber The Verge
KOMPAS.com - Fujifilm akhirnya resmi merilis kamera mirrorless X-Pro2 dalam acara di markas besarnya di Tokyo, Jepang, Jumat (15/1/2015).

Kamera baru tersebut memang sudah dinanti cukup lama. Sejak meluncurkan lini produk X-Series dengan kamera X-Pro1 pada 2012 silam, Fujifilm tak kunjung merilis penerusnya.

Memang mereka mengeluarkan berbagai lini produk X-Series lain, seperti X-T1, X-E2, X100ST dan X30. Tapi X-Pro1 hanya semata wayang saja, hingga peluncuran saudara mudanya hari ini.

Tampilan X-Pro2 ternyata sesuai dengan bocoran foto yang sempat beredar. Ada sejumlah perubahan tata letak, namun secara keseluruhan memberikan kesan klasik yang sama.

Perbedaan terbesar akan terasa saat pengguna menyentuh tuas mungil yang befungsi sebagai alat memilih titik fokus.

Secara spesifikasi kamera baru ini duduk di kasta tertinggi lini X-Series dan untuk pertama kalinya Fujifilm menyematkan sensor dengan kekuatan lebih dari 16 megapiksel.

X-Pro2 menggunakan X-Trans CMOS III dengan ketajaman 24 megapiksel, dikombinasikan dengan prosesor terbaru X-Processor Pro yang mampu memotret up to delapan frame per detik.

Sistem autofocus kamera ini memiliki 273 titik, 77 titik diantaranya menggunakan teknologi phase detection dan meliputi 40 persen frame.

Kecepatan shutter pun ditingkatkan menjadi 1/8000 detik, dibandingkan saudara tuanya yang hanya 1/4000 detik. Begitu juga dengan kecepatan sinkronisasi dengan flash meningkat jadi 1/250 detik.

Kini di X-Pro2 juga sudah ada koneksi WiFi yang berguna untuk memindahkan foto ke ponsel. Ada juga dua slot memori, peningkatan resolusi layar hingga 1,62 juta dots serta perubahan user interface kamera.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TheVerge, Jumat (15/1/2016), pengguna bisa mendapatkan X-Pro2 mulai Februari mendatang dengan harga banderol 1.700 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 23 juta.

Belum diketahui kapan kamera ini akan mulai masuk ke Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com