Fujifilm Rilis X-Pro2, Mirrorless Seharga Rp 23 Juta

Kompas.com - 15/01/2016, 20:09 WIB
Fujifilm X-Pro2 tampak dari atas The VergeFujifilm X-Pro2 tampak dari atas
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Fujifilm akhirnya resmi merilis kamera mirrorless X-Pro2 dalam acara di markas besarnya di Tokyo, Jepang, Jumat (15/1/2015).

Kamera baru tersebut memang sudah dinanti cukup lama. Sejak meluncurkan lini produk X-Series dengan kamera X-Pro1 pada 2012 silam, Fujifilm tak kunjung merilis penerusnya.

Memang mereka mengeluarkan berbagai lini produk X-Series lain, seperti X-T1, X-E2, X100ST dan X30. Tapi X-Pro1 hanya semata wayang saja, hingga peluncuran saudara mudanya hari ini.

Tampilan X-Pro2 ternyata sesuai dengan bocoran foto yang sempat beredar. Ada sejumlah perubahan tata letak, namun secara keseluruhan memberikan kesan klasik yang sama.

Perbedaan terbesar akan terasa saat pengguna menyentuh tuas mungil yang befungsi sebagai alat memilih titik fokus.

Secara spesifikasi kamera baru ini duduk di kasta tertinggi lini X-Series dan untuk pertama kalinya Fujifilm menyematkan sensor dengan kekuatan lebih dari 16 megapiksel.

X-Pro2 menggunakan X-Trans CMOS III dengan ketajaman 24 megapiksel, dikombinasikan dengan prosesor terbaru X-Processor Pro yang mampu memotret up to delapan frame per detik.

Sistem autofocus kamera ini memiliki 273 titik, 77 titik diantaranya menggunakan teknologi phase detection dan meliputi 40 persen frame.

Kecepatan shutter pun ditingkatkan menjadi 1/8000 detik, dibandingkan saudara tuanya yang hanya 1/4000 detik. Begitu juga dengan kecepatan sinkronisasi dengan flash meningkat jadi 1/250 detik.

Kini di X-Pro2 juga sudah ada koneksi WiFi yang berguna untuk memindahkan foto ke ponsel. Ada juga dua slot memori, peningkatan resolusi layar hingga 1,62 juta dots serta perubahan user interface kamera.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TheVerge, Jumat (15/1/2016), pengguna bisa mendapatkan X-Pro2 mulai Februari mendatang dengan harga banderol 1.700 dollar Amerika Serikat atau setara Rp 23 juta.

Belum diketahui kapan kamera ini akan mulai masuk ke Indonesia.



Sumber The Verge

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X