Akhir Januari, Roadmap E-commerce Jadi Program Nasional

Kompas.com - 17/01/2016, 19:30 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorWicak Hidayat
JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah menetapkan roadmap e-commerce Indonesia. Rencananya roadmap itu akan dijadikan sebuah program nasional pada akhir Januari 2016 ini.

Keputusan tersebut ditetapkan dalam sebuah rapat koordinasi antara Menko Perekonomian Darmin Nasution dengan Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Menteri PPN Sofyan Djalil, Kenteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, serta Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas.

Rapat yang diadakan pada Kamis, (16/1/2016) malam itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat eselon 1 dan 2 dari kementerian atau lembaga terkait, perwakilan Asosiasi E-commerce Indonesia (IdEA), PT Pos Indonesia serta perwakilan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Indonesia (Asperindo).

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo, Ismail Cawidu dalam keterangan resminya menyebutkan ada tiga keputasan yang diambil di sana.

Pertama, formalisasi roadmap e-commerce. Kedua, penunjukkan Program Management Unit (PMU) untuk mengordinasi kementerian atau lembaga dalam implementasi roadmap. Ketiga, berupa rencana peluncuran resmi roadmap tersebut pada akhir Januari ini.

Formalisasi roadmap e-commerce sebenarnya telah mulai dirumuskan sejak Desember 2014 silam, sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI agar industri tersebut bisa tumbuh.

Ada dua negara yang jadi acuan pengembangan e-commerce di Tanah Air, yaitu Amerika Serikat dan China. Masing-masing dengan model yang sama sekali berbeda, satu didorong oleh swasta, sedangkan yang lainnya didorong sepenuhnya oleh pemerintah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian pada 10 April 2015 lalu diselenggarakan lokakarya untuk mengembangkan enam area e-commerce yang membutuhkan kerjasama lintas stakeholder. Area tersebut adalah soal pendanaan, perpajakan, perlindungan konsumen, infrastruktur telekomunikasi, logistik, serta aspek pendidikan dan sumber daya manusia.

Implementasi roadmap tersebut diharapkan bisa membantu membesarkan nilai industri e-commerce Tanah Air yang diperkirakan akan mencapai 130 miliar dollar AS atau setara Rp 1.818 triliun pada 2020 mendatang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.