Kompas.com - 18/01/2016, 11:31 WIB
Browser lama (kiri) dan browser baru (kanan) Facebook yang sedang diuji coba. istBrowser lama (kiri) dan browser baru (kanan) Facebook yang sedang diuji coba.
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook menguji coba browser baru yang dirancang agar pengguna tidak meninggalkan aplikasinya saat membuka suatu tautan yang dibagikan melalui Facebook.

Peramban yang terintegrasi itu (in-app browser) kini memiliki beberapa fitur baru sehingga lebih menyerupai sebuah peramban internet.

Dikutip KompasTekno dari The Next Web, Senin (18/1/2016), browser versi lama hanya menampilkan halaman sebuah tautan, dan membuka hyperlink ke tautan lain.

Browser terbaru kini memungkinkan pengguna mengetik URL sendiri karena terdapat kolom alamat URL di bagian atas browser.

Dengan demikian, pengguna Facebook bisa mengunjungi halaman internet lain tanpa harus meninggalkan aplikasi Facebook, misalnya saat ingin mengecek detil atau data pendukung lain dari suatu artikel yang sedang dibaca.

Selain itu, terdapat tombol back dan forward, tombol bookmark halaman, dan tombol Menu di bagian bawah, selain terdapat juga informasi tingkat kepopuleran suatu postingan.

Selain menguji coba browser baru, Facebook juga sedang mencoba fitur Instant Articles dimana artikel berita yang dibagikan di Facebook bisa ditampilkan lebih cepat.

Keduanya sama-sama memiliki satu tujuan, agar pengguna tetap betah menatap layar Facebook.

Belum diketahui apakah Facebook akan meluncurkan aplikasi perambannya secara terpisah atau tidak. Fokus Facebook saat ini adalah meningkatkan pengalaman penggunaan browser itu.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.