Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut "Ditinggal", Facebook Siapkan Browser Baru

Kompas.com - 18/01/2016, 11:31 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Jejaring sosial Facebook menguji coba browser baru yang dirancang agar pengguna tidak meninggalkan aplikasinya saat membuka suatu tautan yang dibagikan melalui Facebook.

Peramban yang terintegrasi itu (in-app browser) kini memiliki beberapa fitur baru sehingga lebih menyerupai sebuah peramban internet.

Dikutip KompasTekno dari The Next Web, Senin (18/1/2016), browser versi lama hanya menampilkan halaman sebuah tautan, dan membuka hyperlink ke tautan lain.

Browser terbaru kini memungkinkan pengguna mengetik URL sendiri karena terdapat kolom alamat URL di bagian atas browser.

Dengan demikian, pengguna Facebook bisa mengunjungi halaman internet lain tanpa harus meninggalkan aplikasi Facebook, misalnya saat ingin mengecek detil atau data pendukung lain dari suatu artikel yang sedang dibaca.

Selain itu, terdapat tombol back dan forward, tombol bookmark halaman, dan tombol Menu di bagian bawah, selain terdapat juga informasi tingkat kepopuleran suatu postingan.

Selain menguji coba browser baru, Facebook juga sedang mencoba fitur Instant Articles dimana artikel berita yang dibagikan di Facebook bisa ditampilkan lebih cepat.

Keduanya sama-sama memiliki satu tujuan, agar pengguna tetap betah menatap layar Facebook.

Belum diketahui apakah Facebook akan meluncurkan aplikasi perambannya secara terpisah atau tidak. Fokus Facebook saat ini adalah meningkatkan pengalaman penggunaan browser itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com