Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/01/2016, 15:57 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Wikipedia seringkali menjadi situs rujukan untuk mencari informasi tentang banyak hal. Namun situs ensiklopedia gratis tersebut saat ini sedang sekarat karena kurang pendanaan.

Wikimedia, organisasi yang menanungi Wikipedia, baru-baru ini membuat kampanye penggalangan dana bertepatan dengan momen ulang tahun Wikipedia ke-15 pada tahun 2016 ini.

Dikutip KompasTekno dari Engadget, Senin (18/1/2016), Wikipedia bertujuan mendapatkan dana 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,4 triliun) dalam 10 tahun ke depan, atau setidaknya 10 juta dollar AS per tahun.

Dana tersebut digunakan untuk membuat situs penyedia informasi tersebut tetap bisa online.

Sebagian dana juga akan dipakai untuk berekspansi ke ranah mobile, seperti yang telah mulai dilakukan tim Wikipedia saat ini, selain juga menambah konten video di dalamnya.

Wikimedia menggandeng Tides Foundation dalam program penggalangan dananya. Tides Foundation sendiri memiliki rekam jejak 40 tahun dalam mengatur dana sumbangan untuk banyak organisasi-organisasi non-profit.

Wikipedia saat ini diklaim memiliki sekitar 35 juta artikel dalam berbagai bahasa, dan dipakai oleh lebih dari jutaan orang di seluruh dunia.

"Situs ini menjadi satu-satunya situs donasi yang paling banyak dikunjungi di internet, bantuan Anda sangat dibutuhkan," tulis Wikimedia di situs penggalangan dananya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber ENGADGET

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.