Uber Masuk Kota Surabaya

Kompas.com - 21/01/2016, 07:41 WIB
Ilustrasi REUTERSIlustrasi
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com – Mulai Rabu (20/1/2016), masyarakat Surabaya sudah bisa menikmati layanan ride-sharing Uber. Untuk sementara, baru UberX yang bisa diakses.

UberX adalah layanan mobilitas on-demand berbiaya rendah. Belum jelas kapan UberBlack yang merupakan layanan premium akan turut diboyong ke Kota Pahlawan.

Menurut juru bicara Uber untuk Asia Tenggara dan India, Karun Arya, ekspansi bisnis Uber ke Surabaya tak lepas dari tingginya minat masyarakat atas layanan asal San Francisco, AS, tersebut.

“Kami gembira dapat mengembangkan cakupan operasi kami di Surabaya hari ini, sebuah kota yang telah lama masuk ke dalam rencana kami sejak tiba di Indonesia,” kata dia, sebagaimana tertera pada keterangan pers yang diterima KompasTekno.

Di Indonesia, Uber pertama kali masuk tahun 2014. Layanan tersebut sebelumnya sudah beroperasi di Bali, Bandung, dan Jakarta, dengan layanan UberX dan UberBlack.

Saat ini Uber Indonesia telah bermitra dengan hampir 20 ribu pengemudi dan ratusan ribu pengguna.

Kendati minat pasar di Indonesia diklaim tinggi, Uber masih harus memenuhi empat syarat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk beroperasi secara legal di ibukota.

Empat syarat yang dimaksud yakni: memiliki eksistensi legal dalam bentuk Penanaman Modal Asing (PMA), membayar pajak sesuai ketentuan, memiliki asuransi yang memadai, serta memastikan bahwa kendaraan rental yang menjadi mitra menjalani pengujian kendaraan bermotor atau KIR. Syarat-syarat tersebut dikatakan akan dipenuhi secara bertahap.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X