Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laptop Dell XPS 15 Kuat Menyala 17 Jam

Kompas.com - 21/01/2016, 08:32 WIB
Deliusno

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dell resmi merilis laptop terbarunya, XPS 15, untuk pasar Indonesia pada Rabu (20/1/2016) kemarin.

Sebagai laptop flagship, wajar apabila Dell menjejali produk ini dengan berbagai fitur unggulan. Salah satu yang menarik perhatian adalah kemampuan baterai yang tertanam di XPS 15 ini.

Dell mengklaim bahwa XPS 15 memiliki daya tahan baterai yang sangat panjang. Dalam satu kali pengisian, baterai perangkat itu disebut bisa menghidupi laptop selama 17 jam.

Waktu yang terbilang lama itu mengacu pada durasi penggunaan secara non-stop, bukan dalam mode standby.

"Baterai ini bisa menghidupi XPS 15 nyaris seharian penuh," ujar Ray Wah, Vice President Consumer Product Group Dell, kepada KompasTekno di acara peluncuran XPS 15 di Jakarta.

Dell XPS 15 sendiri sebenarnya memiliki berbagai model yang memiliki perbedaan dari segi resolusi layar. Ada yang mendukung resolusi Full HD 1080p dan satu model lain mendukung resolusi 4K.

Nah, klaim 17 jam tersebut berlaku untuk model Full HD. Sementara itu, XPS 15 dengan resolusi 4K bisa digunakan selama 11 jam penggunaan.

"Tentunya semakin tinggi resolusinya, maka semakin besar daya baterai yang dibutuhkan," tutur Wah.

Benchmark browsing

Adapun klaim tersebut dibuat berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi benchmark BrowsingBench. Aplikasi ini "memaksa" laptop terus melakukan kegiatan browsing di internet secara terus menerus hingga baterai habis.

Untuk prosedurnya, tingkat kecerahan (brightness) layar diatur di angka 40 persen, sementara koneksi nirkabel dibiarkan dalam keadaan menyala.

Apabila digunakan untuk menonton video atau bermain game, daya tahan baterai tentunya bakal menurun, tidak lagi selama 17 jam.

Spesifikasi lain dari XPS 15 termasuk layar sentuh 15 inci dengan resolusi hingga 4K, prosesor Intel Core i Generasi Keenam (Skylake), kartu grafis GeForce GTX 960M, RAM hingga 16 GB, dan media penyimpanan SSD hingga 1 TB.

XPS 15 akan dilepas ke pasar mulai bulan April dengan harga Rp 28.499.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com