Laptop Dell XPS 15 Kuat Menyala 17 Jam

Kompas.com - 21/01/2016, 08:32 WIB
Dell merilis produk laptop flagship terbarunya, XPS 13 dan XPS 15, di Indonesia, Rabu (20/1/2015). Deliusno/Kompas.comDell merilis produk laptop flagship terbarunya, XPS 13 dan XPS 15, di Indonesia, Rabu (20/1/2015).
Penulis Deliusno
|
EditorOik Yusuf
JAKARTA, KOMPAS.com - Dell resmi merilis laptop terbarunya, XPS 15, untuk pasar Indonesia pada Rabu (20/1/2016) kemarin.

Sebagai laptop flagship, wajar apabila Dell menjejali produk ini dengan berbagai fitur unggulan. Salah satu yang menarik perhatian adalah kemampuan baterai yang tertanam di XPS 15 ini.

Dell mengklaim bahwa XPS 15 memiliki daya tahan baterai yang sangat panjang. Dalam satu kali pengisian, baterai perangkat itu disebut bisa menghidupi laptop selama 17 jam.

Waktu yang terbilang lama itu mengacu pada durasi penggunaan secara non-stop, bukan dalam mode standby.

"Baterai ini bisa menghidupi XPS 15 nyaris seharian penuh," ujar Ray Wah, Vice President Consumer Product Group Dell, kepada KompasTekno di acara peluncuran XPS 15 di Jakarta.

Dell XPS 15 sendiri sebenarnya memiliki berbagai model yang memiliki perbedaan dari segi resolusi layar. Ada yang mendukung resolusi Full HD 1080p dan satu model lain mendukung resolusi 4K.

Nah, klaim 17 jam tersebut berlaku untuk model Full HD. Sementara itu, XPS 15 dengan resolusi 4K bisa digunakan selama 11 jam penggunaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tentunya semakin tinggi resolusinya, maka semakin besar daya baterai yang dibutuhkan," tutur Wah.

Benchmark browsing

Adapun klaim tersebut dibuat berdasarkan pengujian menggunakan aplikasi benchmark BrowsingBench. Aplikasi ini "memaksa" laptop terus melakukan kegiatan browsing di internet secara terus menerus hingga baterai habis.

Untuk prosedurnya, tingkat kecerahan (brightness) layar diatur di angka 40 persen, sementara koneksi nirkabel dibiarkan dalam keadaan menyala.

Apabila digunakan untuk menonton video atau bermain game, daya tahan baterai tentunya bakal menurun, tidak lagi selama 17 jam.

Spesifikasi lain dari XPS 15 termasuk layar sentuh 15 inci dengan resolusi hingga 4K, prosesor Intel Core i Generasi Keenam (Skylake), kartu grafis GeForce GTX 960M, RAM hingga 16 GB, dan media penyimpanan SSD hingga 1 TB.

XPS 15 akan dilepas ke pasar mulai bulan April dengan harga Rp 28.499.000.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.