Indonesia Jadi "Donatur" Terbesar Toko Aplikasi Android

Kompas.com - 21/01/2016, 11:00 WIB
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu negara dengan pengguna Android paling boros belanja di toko aplikasi Google Play Store. Hal tersebut diungkap oleh statistik App Annie terbaru.

Bersama negara-negara berkembang lain, seperti Brasil, India, Turki, dan Meksiko, pengguna Android di Indonesia menjadi penyumbang pemasukan terbesar bagi toko aplikasi Android Play Store.

Pada 2013 lalu, jumlah download yang dicapai Play Store mencapai 100 juta aplikasi. Sementara pada tahun 2015 jumlahnya meningkat hampir dua kali lipat menjadi 200 juta download.

Dalam rentang yang sama, jumlah unduhan di Apple App Store relatif datar-datar saja, sekitar 100 juta download per tahun. Namun demikian, dari segi pendapatan, Play Store masih tertinggal jauh dari Apple App Store.

Menurut App Annie, seperti dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (21/11/2016), iTunes App Store menghasilkan revenue aplikasi 200 juta dollar AS, sementara Google Play Store hanya sekitar 100 juta dollar AS.

Sebagian besar kontribusi tersebut berasal dari negara-negara berkembang tadi, termasuk Indonesia.

Namun demikian, App Annie tidak menjelaskan komponen apa saja yang mendukung revenue itu, apakah in-app purchase atau juga termasuk pemasukan dari ikaln yang ditampilkan di aplikasi.

Sebab, banyak game-game yang harus dibeli di iOS, sementara versi Androidnya gratis namun dipasangi iklan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.