Google Doodle Hari Ini Tampilkan Cabai, Ada Apa?

Kompas.com - 22/01/2016, 09:18 WIB
Google Doodle menampilkan cabai dan Wilbur Scoville screenshotGoogle Doodle menampilkan cabai dan Wilbur Scoville
|
EditorReza Wahyudi
JAKARTA, KOMPAS.com - Google Doodle hari ini menampilan ilustrasi berbagai jenis cabai dan seorang pria bernama Wilbur Scoville. Kenapa cabai?

Ternyata hal ini terkait dengan Scoville, pria yang diilustrasikan sedang berada di antara cabai-cabai tersebut. Hari ini, Jumat (22/1/2016) adalah ulang tahunnya yang ke 151.

Pantauan KompasTekno, Scoville bukan pria biasa dan ilustrasi cabai tersebut memang sangat lekat menggambarkan capaiannya semasa hidup.

Pria kelahiran 22 Januari 1865 itu adalah ahli farmasi yang menciptakan uji organoleptik Scoville, saat ini disebut sebagai skala Scoville, untuk mengukur tingkat kepedasan cabai. Ukuran tersebut distandarkan dalam satuan Scoville Heat Units (SHU).

Coba klik Google Doodle tersebut, Anda akan dibawa ke sebuah permainan yang mengilustrasikan tingkat kepedasan berbagai cabai di seluruh dunia.

screenshot Google Doodle Wilbus Scoville menampilkan permainan es krim versus cabai

Cabai dihadapkan dengan es krim manis, mirip seperti tes aslinya yang membutuhkan larutan gula untuk mengukur seberapa banyak kandungan capsinoid atau pemicu rasa pedas pada cabai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu dalam permainan Google Doodle tersebut, Anda akan berperan sebagai es krim yang mesti membekukan rasa pedas pada cabai. Mulai dari paprika yang tak pedas sama sekali atau 0 SHU, hingga Trinidad moruga scorpion yang pedasnya bisa mencapai 2.000.000 SHU.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X