Teman di Facebook Cuma 150 yang Asli, Sisanya?

Kompas.com - 22/01/2016, 15:08 WIB
Ilustrasi Facebook mobile istIlustrasi Facebook mobile
|
EditorReza Wahyudi
KOMPAS.com - Total teman yang benar-benar asli dan dapat dirawat, menurut sebuah penelitian, adalah 150 orang. Bila teman di Facebook ternyata mencapai ribuan, bisa jadi ada yang palsu di sana.

Palsu di sini bukan berarti orang itu sebenarnya musuh atau sesuatu yang berbahaya. Namun artinya adalah teman yang sangat jarang diajak berinteraksi.

Riset yang dipublikasi di jurnal Social Networks itu, seperti dikutip KompasTekno dari The Independent, Jumat (22/1/2016), menyebutkan adanya lapisan-lapisan dalam pertemanan di media sosial.

Peneliti menggunakan data dari 130.338 profil Facebook yang aktif dan akhirnya menemukan simpulan bahwa lapisan pertemanan berada di kisaran jumlah 5, 15, 50, hingga maksimal 150 orang berbeda.

Selain Facebook, struktur serupa juga bisa ditemukan pada media sosial Twitter, bahkan hubungan pertemanan di dunia nyata.

Khusus untuk Twitter, terdapat sebuah lapisan pertemanan baru yang tidak ditemukan dalam komunikasi tatap muka. Ini adalah lavisan terdalam yang hanya terdiri dari rata-rata 1,5 individu, tergantung skala lapisan lain di luarnya.

Individu yang dimaksud dinilai punya relevansi terhadap ego karena mereka sangat sering berkomunikasi, kurang lebih sekali tiap lima hari di Facebook atau setiap hari di Twitter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun perlu dicatat, kendati maksimal hubungan pertemanan bisa menampung hingga 150 orang, sebenarnya sebagian besar jejaring ini berisi kurang dari 100 orang.

Facebook mungkin membatasi jumlah pertemanan maksimal hingga 5.000 orang, tapi sebenarnya, komunikasi dan pertemanan yang terjalin dengan pemilik akun sangat sedikit dibandingkan angka tersebut.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X