Ini Pemenang Tender Palapa Ring Terbaru

Kompas.com - 22/01/2016, 17:05 WIB
Peta jangkauan proyek kabel optik bawah laut, Palapa Ring II. SlidesharePeta jangkauan proyek kabel optik bawah laut, Palapa Ring II.
|
EditorWicak Hidayat
KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) akhirnya mengumumkan pemenang tender proyek Palapa Ring II hari ini, Jumat (22/1/2016).

Untuk Paket Barat, proyek akan dijalankan Konsorsium Moratel - Triasmitra. Dua perusahaan yang bergabung adalah PT. Moratelematika Indonesia (90 persen) dan PT. Ketrosden Triasmita (10 persen).

Paket Barat menjangkau wilayah Riau dan Kepulauan Riau (sampai dengan Pulau Natuna) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.000 km.

Sementara itu, proyek Paket Tengah dimenangkan Konsorsium Pandawa Lima. Anggotanya adalah PT LEN (51 persen), PT Teknologi Riset Global Investama (34 persen), PT Sufia Technologies (5 persen), PT Bina Nusantara Perkasa (5 persen), dan PT Multi Kontrol Nusantara (5 persen).

Paket Tengah menjangkau wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai dengan Kep. Sangihe-Talaud) dengan total panjang kabel serat optik sekitar 2.700 km.

Terakhir, untuk Paket Timur, pemenang tender belum diumumkan. Sebab, wilayah timur memiliki kompleksitas medan yang lebih menantang dan perlu disiapkan lebih lanjut, sebagaimana tertera pada situs resmi Kemenkominfo.

Target penyelesaian Proyek Palapa Ring pada akhir tahun 2018. Pada 1 Januari 2019 mulai beroperasi sepenuhnya.

Begitu selesai, Palapa Ring II akan menjadi tulang punggung internet pita lebar bagi 33 propinsi di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X