"Posting" di Facebook Bakal Diintip Lembaga Survei

Kompas.com - 22/01/2016, 18:29 WIB
Ilustrasi Facebook mobile istIlustrasi Facebook mobile
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Lembaga survei Nielsen kini tak hanya memperhatikan siaran TV apa yang sedang banyak dibicarakan di Twitter, namun juga Facebook dalam layanan pengumpulan data bertajuk “Social Content Rarings”.

Informasi pengguna Facebook yang dipantau Nielsen termasuk posting publik, tulisan di wall akun milik teman dan keluarga, serta posting yang di-share dengan follower.

Pertukaran message pribadi antar pengguna tak ikut dilacak, tapi pihak Nielsen mengatakan bakal turut menggunakan data hasil “agregasi yang bersifat anonim”, yang antara lain berisi percakapan privat.

“Setiap hari, para fans televisi dari seluruh dunia memakai Facebook untuk mebicarakan program dan bintang TV yang mereka sukai dengan orang-orang terdekat,” tulis direktur Media Partnership Facebook, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Wired (22/1/2016).

Hasil survei Social Content Rating rencananya akan mulai tersedia secara komersil di paruh pertama tahun ini untuk daerah AS, Australia, Italia, dan Meksiko.

Selain Facebook, Nielsen juga berencana memantau Instagram. Lembaga ini diketahui letah memonitor kicauan para pemilik akun Twitter sejak tiga tahun lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Wired

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.