10 Trik Agar iPhone "Lemot" Gesit Kembali

Kompas.com - 25/01/2016, 13:37 WIB
Apple iPhone 5S dan iPhone 5C AppleApple iPhone 5S dan iPhone 5C
|
EditorOik Yusuf
KOMPAS.com - Salah satu alasan kenapa iPhone dipilih oleh banyak orang adalah karena antarmukanya yang mulus dan lancar.

Namun seiring dengan pemakaian, seperti halnya gadget lain, performa perangkat akan menurun sehingga seringkali iPhone terasa lambat.

Kadang-kadang, upgrade ke sistem operasi iOS terbaru juga bisa menjadi penyebabnya, membuat iPhone generasi lama justru jadi lemot.

Jika merasa performa iPhone sudah tidak seperti sedia akala, berikut adalah trik-trik yang bisa dilakukan pemilik iPhone lama untuk mempercepat kinerjanya, seperti dirangkum KompasTekno dari Digital Trends, Senin (25/1/2016).

1. Restart

Restart menjadi jalan keluar tercepat dan termudah jika iPhone sudah mulai lemot. Dengan restart, aneka cache yang tidak terpakai akan dibersihkan.

Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake dan slide switch di layar untuk mematikan iPhone. Begitu mati, tekan dan tahan kembali tombol Sleep/Wake hingga logo Apple muncul.

2. Matikan efek visual

Efek visual di antarmuka menu memang membuat iPhone terlihat keren, namun hal itu juga membebani hardware. Untuk mematikan fitur tersebut, bua menu Settings > General > Accessibility > Increase Contrast lalu ubah menu Reduce Transparency ke On.

Anda juga bisa mematikan fitur motion lewat menu Settings > General > Accessibility lalu mengaktifkan pilihan Reduce Motion ke On.

3. Hapus aplikasi yang jarang dipakai

Periksa semua aplikasi dan game yang terpasang dalam iPhone, lalu uninstall yang tidak dibutuhkan atau jarang dipakai.

Bersikaplah tegas. Aplikasi dan game yang jarang dipakai justru memenuhi memori dan berpotensi membebani sistem, seperti saat berjalan di background.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X